Satgas Cartenz Kirim Brimob dan Kopassus ke Papua Imbas Serangan KKB

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 03 Mei 2024 17:33 WIB

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengirimkan pasukan Brimob dan Kopassus ke Distrik Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah, pasca-insiden penyerangan dari KKB. Anggota Korps Brimob Polri melakukan defile saat Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan KTT ke-43 ASEAN di area Monas, Jakarta, Jumat (1/9/2023). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 mengirimkan personel tambahan ke Distrik Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah, setelah sejumlah kejadian penyerangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kaops Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani mengatakan perihal itu dilakukan untuk meningkatkan pengamanan di Homeyo setelah adanya tiga serangan berturut-turut dari KKB, sejak Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Menindaklanjuti gangguan KKB tersebut, pasukan Brimob dari Satgas Blukar dan Pasukan Kopassus dari Satgas Nanggala telah diterjunkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/5).

Kendati demikian, dirinya tidak merincikan lebih jauh soal jumlah personel tambahan nan dikirimkan itu. Ia hanya mengatakan kedua pasukan nan tergabung dalam Ops Damai Cartenz tersebut juga bakal dikerahkan untuk mengejar para pelaku teror.

"Penindakan tegas terhadap KKB pelaku tindak pidana di Distrik Homeyo untuk memastikan keamanan di wilayah tersebut sehingga masyarakat setempat dapat beraktivitas dengan aman," tuturnya.

Sementara itu Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan korban penembakan KKB di Polsek Homeyo, Alexander Parapak juga bakal segera dievakuasi menuju Timika.

"Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban penembakan oleh KKB di Distrik Homeyo. Dalam waktu dekat, jenazah dari almarhum bakal segera dilakukan pemindahan menuju Timika," ujarnya.

Sebelumnya KKB wilayah Intan Jaya nan dipimpin oleh Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu disebut melakukan tindakan penyerangan berturut-turut di Distrik Homeyo.

Bayu mengatakan tindakan penyerangan pertama dilakukan KKB ketua Keni Tipagau pada Selasa (30/4), sekira pukul 07.40 WIT, dengan melepaskan sejumlah tembakan ke arah rumah Aipda Tri setyo dan Aipda Bartholomeus nan berada di Polsek Homeyo.

"Akibat tindakan penyerangan KKB itu menimbulkan satu korban jiwa laki-laki berjulukan Aleksander Parapak, 20 tahun," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Keesokan harinya, golongan nan sama disebut membakar Gedung Sekolah Dasar (SD) Inpres Pogapa nan hanya berjarak sekitar 50 meter dari Polsek Homeyo.

Dalam tindakan pembakaran itu, Bayu mengatakan petugas di lapangan juga turut mendengar sejumlah bunyi tembakan senjata api laras Panjang nan dilepaskan dari arah KKB.

Kendati demikian, Bayu memastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat tindakan penyerangan nan dilakukan oleh golongan KKB itu.

(tfq/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional