Satgas Temukan Sajadah Impor Ilegal dari Turki, Zulhas: Total Senilai Rp10 Miliar

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Satgas Pengawasan Barang Tertentu nan Diberlakukan Tata Niaga Impor menemukan karpet dan sajadah impor ilegal sebanyak total 2.929 rol. Temuan itu dipamerkan dalam ekspos nan dipimpin Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan namalain Zulhas di Kawasan Industri Jatake, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Senin, 23 September 2024.

Zulhas mengatakan karpet panjang dan sajadah impor nan tak sesuai dengan patokan itu berbobot kurang lebih Rp10 miliar. Temuan ini, kata dia, merupakan tindak lanjut keputusan berbareng antara Kementerian Perdagangan dan sejumlah lembaga nan sepakat menginisiasi adanya satgas impor ilegal.

Sejak dibentuk pemerintah melalui Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 932 Tahun 2024, satgas beranggotakan sejumlah kementerian/lembaga terkait. Mereka antara lain Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Polri, Kejaksaan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, dan asosiasi.

“Kami satu tim, satu visi misi, tak ada nan menyusahkan. Kami mau ekonomi tumbuh berkembang, masyarakat dapat profuk nan terlidnungi, pelaku upaya dapat mengembangkan usahanya,” ucapnya dalam aktivitas itu.

Modus eksportir memasukkan karpet dan sajadah terlarangan ini tak banyak berubah. Zulhas mengatakan, eksportir memalsukan keterangan batang nan mereka impor di dalam arsip perisinan. Alih-alih menuliskan karpet dan sajadah nan merupakan peralatan jadi, mereka justru menuliskan bahan baku. “Dokumennya A, isinya B,” katanya.

Iklan

Saat ini, kata dia, satgas terus menjalankan aktivitasnya untuk mengawasi barang-barang impor ilegal. Tujuannya, kata dia, agar perdagangan melangkah dengan tertib dan industri dalam negeri tetap terjaga. Dia mengimbau pelaku upaya alim dengan patokan sehingga tak merugikan negara, konsumen, dan pelaku upaya lainnya.

“Kami minta pelaku upaya di beragam bagian untuk alim kepada patokan bertindak di indonesia. Karena jika tidak, satgas terus lakukan tugas-tugasnya,” ucap Ketua Umum Partai Amanat Nasional alias PAN itu.

Selanjutnya, karpet dan sajadah impor itu bakal dimusnahkan oleh satgas. Dia menambahkan, satgas bakal mengungkapkan temuan terbarunya dalam wkatu dekat. Namun, dia tak merinci kapan ekspos mendatang itu bakal dilakukan.

Pilihan Editor: Zulhas Sebut Impor Ilegal seperti Kuman: Tambah Kuat, Tambah Canggih

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis