SD Solo Uji Coba Makan Siang Gratis 25 Juli, Anggaran dari Gibran

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 22 Jul 2024 08:05 WIB

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka memberikan duit untuk uji coba makan cuma-cuma di 3 SD Solo, Jawa Tengah. Ilustrasi. Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka memberikan duit untuk uji coba makan cuma-cuma di 3 SD Solo, Jawa Tengah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Program makan bergizi cuma-cuma akan diuji coba di Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Menurut rencana, uji coba tersebut bakal dimulai pada 25 Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Dian Rineta menjelaskan uji coba pada 25 Juli merupakan sesi pertama dan unik menyasar siswa sekolah dasar (SD). Ada tiga SD nan bakal jadi letak uji coba.

"Makan siang cuma-cuma insya Allah bakal diuji coba tanggal 25 Juli. Sementara sesi satu ada tiga sekolah SD. Sesi dua bakal dilakukan untuk siswa SD dan SMP, kapannya belum tahu," kata Dian dilansir detikJateng, Minggu (21/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dian belum menyebut perincian tiga letak SD nan bakal mengikuti uji coba program makan bergizi itu. Ia hanya menyebut tiga SD itu ada di Kecamatan Jabres.

Ia menuturkan anggaran uji coba makan bergizi cuma-cuma ini bukan dari APBD Kota Solo. Ia mengatakan semua anggaran dari wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

"Yang jelas bukan dari APBD, dari Mas Gibran. Itu dari mana kami tidak terlibat di situnya, (kami) menyediakan lokasinya saja," katanya.

Dian menjelaskan nantinya wali siswa dan pembimbing bakal memberikan masukan soal program makan itu. Mereka menggandeng UMKM sebagai penyedia makanan.

"Jadi nan bergeliat banyak, ada UMKM pengantarannya multiplier effect, dari makan siang cuma-cuma ini bakal terasa. Tidak hanya pendidikan saja nan mendapatkan makan siang gratis, tetapi UMKM bergeliat banyak orang mendapat membantu pengantaran ini betul bisa mengerjakan ekonomi di Surakarta," kata dia.

Penerima program makan siang bergizi cuma-cuma ini adalah siswa SD mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD.

"Semua ada di sekolah tidak dipilih, misal jika jumlahnya 200 anak, nan diambil itu semuanya dapat makan siang gratis," ucap Dian.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional