Sediakan 1.334 Kendaraan, Dishub Sumut Klaim Sukses Melayani Transportasi PON XXI

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat menyatakan telah memastikan seluruh mobilisasi atlet, official, dan kontingen dari beragam wilayah selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut melangkah dengan lancar.

Secara keseluruhan, Dishub Sumut sudah menyediakan 1.334 unit kendaraan untuk mobilisasi dari dan ke Bandara Kualanamu menuju Silangit, hotel, ataupun venue pertandingan. Adapun rinciannya adalah 394 unit kendaraan, 315 unit bus medium, 237 unit microbus, dan 21 unit kendaraan barang. Sementara Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub turut menyediakan 367 bus.

Kadishub Sumut sekaligus menjabat sebagai Ketua Bidang Transportasi PB PON XXI Aceh-Sumut wilayah Sumut, Agustinus Panjaitan mengatakan telah melakukan kerjasama dengan Pemprov Sumut. Hal tersebutlah nan menjadi aspek krusial dalam kelancaran jasa transportasi PON XXI.

"Dengan total 967 armada nan disediakan Pemprov Sumut dan 367 bus dari Kemenhub, kami memastikan mobilisasi atlet dan official berjalan aman, nyaman, dan tepat waktu," ujar Agustinus dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo pada Sabtu 21 September 2024. 

Menurutnya, selain mendukung aktivitas pertandingan, jasa transportasi nan disediakan juga memastikan para atlet, official dan kontingen nan telah selesai bertanding dapat pulang dengan lancar melalui bandara. Layanan transportasi tersebut, kata Agustinus berasas pengarahan Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni.

"Gubernur menekankan agar penyelenggaraan PON ini sukses dan membawa kesan mendalam bagi semua peserta," kata Agustinus.

Agustinus menambahkan bukan kali pertama Kemenhub memberikan dukungannya dalam penyediaan jasa transportasi untuk event berskala nasional apalagi internasional di Sumatera Utara. Tahun lampau Kemenhub juga sudah menyediakan support unit kendaraan untuk F1 Powerboat di Balige.

Iklan

"Ini membuktikan bahwa Kemenhub konsisten dalam membantu Pemprov Sumut mensukseskan penyelenggaraan event krusial di Sumut", ujar Agustinus.

Kenyamanan transportasi tersebut sudah dirasakan oleh beberapa atlet dan official. Di antaranya adalah atlet Wushu Papua Tengah, Rian Tomoroken dan Selly nan beranggapan jasa mobilisasi tersebut selalu tepat waktu saat antar jemput dari airport menuju hotel.

“(Transportasi) selalu tepat waktu, baik dari airport maupun saat antar-jemput dari hotel ke venue pertandingan dan sebaliknya,” kata Rian.

Pelatih Sambo Kalimantan Utara, Haris Santoso juga punya pandangan nan sama. Ia menilai pelayanan transportasi selama PON Sumut sudah sangat memadai. 

"Aspek ketepatan waktu, kesiapan armada dan para pengemudi nan melayani kami sangat baik. Saya berikan dua jempol untuk tim transportasi PON Sumut," ujar Haris.

Pilihan Editor: Kubu Anindya Ungkit Keterlibatan Jokowi dalam Munas Kadin 2021, Ini Kronologinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis