Sejumlah Orang Gelar Aksi Desak Muktamar PKB di Bali Dibubarkan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Badung, CNN Indonesia --

Sejumlah orang nan memakai atribut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar tindakan unjuk rasa di depan Lapangan Lagoon, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (24/8) sore.

Mereka juga membawa spanduk 'Muhaimin Pengkhianat Gus Dur' hingga 'Kembalikan PKB ke NU'.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, mereka menggelar tindakan tak jauh dari lokasi  Muktamar PKB di BNDCC Nusa Dua,

Mereka tak bisa mendekat lantaran diadang abdi negara kepolisian dah pecalang. Hingga pukul 16:54 WITA massa tindakan tetap bertahan.

Koordinator Aksi Arwan mengatakan pihaknya menggelar tindakan menuntut untuk membubarkan Muktamar ke-6 PKB. Ia menilai Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tidak sesuai dengan amanah Gus Dur.

"Iya kami menuntut agar muktamar PKB dibubarkan. (Alasannya) lantaran tidak sesuai, Muhaimin tidak sesuai dengan amanah nan disampaikan oleh pendiri partai (Gus Dur)," ujarnya.

Arwan menyebut Cak Imin sudah seperti raja mini di PKB. Menurutnya, Cak Imin juga bertindak otoriter lantaran bebas memecat dan memilih pengurus sesuka hati.

"Cak Imin seperti raja mini di partainya nan bebas memecat dan memilih pengurus-pengurus dan sebagainya. Banyak hal, Dewan Syuroh dimatikan oleh dia dan sebagainya," katanya.

Pihaknya mengaku bakal tetap memperkuat untuk menggelar massa tindakan sampai Muktamar PKB dibubarkan.

"Kita bertahan, kelak kita lihat situasi. tuntutannya bubarkan. Dari kemarin kita sudah standby di sini, (massa aksi) ada dari Bali, ada dari Jawa," ujarnya.

Muktamar PKB bakal digelar selama dua hari ialah pada 24 hingga 25 Agustus besok. Melalui muktamar ini PKB juga bakal menentukan ketua umum dan rencana jangka panjang partai.

Presiden Jokowi tak bisa menghadiri Muktamar PKB kali ini. Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang bakal mewakili Jokowi.

"Ya, mewakili Pak Presiden kelak ada dua, nan pertama Wapres nan kedua Menko Polhukam," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda  saat dihubungi, Sabtu (24/8).

Ketua Umum PKB Cak Imin sebelumnya menyatakan tak berambisi untuk menjadi ketum kembali melalui muktamar ini.

Ia mengaku hanya bakal mengikuti dinamika dan aspirasi forum nan berkembang dalam muktamar.

"Pada dasarnya saya pasrah apapun nan menjadi pilihan-pilihan bagian PKB saya ikut tapi saya juga tidak berambisi," kata Cak Imin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (23/8).

(kdf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional