Sejumlah Rumah Rusak Usai Gempa M 5,8 Guncang Gunungkidul

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 26 Agu 2024 21:50 WIB

Sejumlah gedung rumah rusak usai gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah DI Yogyakarta, Senin (26/8) malam. Sejumlah gedung rumah rusak usai gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah DI Yogyakarta, Senin (26/8) malam. (Istockphoto/ Doguhakan)

Yogyakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah gedung rumah mengalami kerusakan usai gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah DI Yogyakarta, Senin (26/8) malam.

Berdasarkan laporan BPBD DIY per pukul 21.05 WIB, kerusakan terjadi pada sejumlah gedung di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Sleman, dan Kulon Progo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabid PD dan Damkarmat BPBD DIY, Edhy Hartana, menuturkan pihaknya mencatat lima unit rumah rusak di Kecamatan Nglipar dan Semanu, Gunungkidul.

Sementara di Kecamatan Pandak, Bantul dan Kecamatan Sentolo, Kulon Progo masing-masing tercatat satu unit rumah rusak. Selain itu di Kecamatan Prambanan, Sleman dilaporkan kerusakan pada satu titik di sebuah pasar.

"Di Kota Yogyakarta, tetap proses pengumpulan info dan belum ada info (dampak gempa)," kata Edhy dalam keterangannya, Senin (26/8) malam.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi di wilayah Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (26/8) malam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di akun X melaporkan gempa tersebut terjadi pukul 19.57 WIB.

Episentrum gempa itu dilaporkan berada 95 kilometer Barat daya Gunungkidul. Sementara itu hiposentrum gempa itu berada pada kedalaman 30 kilometer di bawah permukaan bumi.

Guncangan gempa itu terasa hingga Sleman, DIY. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Balairung UGM, getaran gempa membikin kaca gedung bergetar kencang selama beberapa detik.

Sejumlah mahasiswa nan sedang duduk berbincang di laman Balairung sempat terlihat kaget. Beberapa petugas keamanan dan tenaga kerja UGM nan berada di letak juga berlarian ke luar gedung.

BMKG melansir gempa itu terasa hingga Nganjuk dan Malang dengan skala MMI II. Selain itu dirasakan di Karangkates dengan skala MMI III. Kemudian di Sleman terasa dengan skala III-IV MMI.

(kum/chri)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional