Selain CNN Indonesia, Ini Bisnis CT Corp Milik Chairul Tanjung Lainnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan media, CNN Indonesia sedang ramai dibicarakan setelah sembilan pekerjanya nan tergabung dalam serikat pekerja berjulukan Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) terkena pemberitahuan pemutusan hubungan kerja (PHK). Pemberitahuan PHK itu menurut Ketua Umum SPCI Taufiqurrohman, terjadi beberapa hari setelah serikat SPCI resmi dibentuk pada Selasa, 27 Agustus 2024.

“Jadi sebelumnya itu memang ada komunikasi secara personal, termasuk saya juga, dari HRD untuk menghadap ke ruangan HRD. Di situ dibicarakan soal penawaran PHK,” kata Ketua Umum SPCI Taufiqurrohman di Kantor Themis Indonesia, Jakarta Selatan pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Memang menurut dia, dalam tiga bulan terakhir, pekerja CNN Indonesia tengah mengalami pemotongan bayaran sepihak oleh manajemen. Namun tidak ada berita bakal ada pemutusan kerja setelah terjadi pada November 2023 dan Februari 2024. Hingga saat ini pun menurut dia, pekerja sedang menghadapi proses tripartit mengenai pemotongan upah. “Kami kan berita PHK-nya juga baru menerima. Sembilan orang itu tergabung dalam serikat pekerja, sudah ada pembicaraan dengan HRD soal PHK,” katanya.

CNN Indonesia beada di bawah CT Corp milik pengusaha Chairul Tanjung. Selain CNN Indonesia, CT Corp melalui anak perusahaan Trans Corp juga menaungi upaya media lain seperti, style hidup, dan hiburan, mencakup dua stasiun TV, TransTV dan Trans 7, portal buletin Detik.

Dilansir dari laman resmi ctcorpora.com, disebutkan bahwa perusahaan milik ‘Si Anak Singkong’  ini mempunyai lima lini upaya utama, ialah media, ritel, rekreasi dan perhotelan, finansial, dan properti. Di sektor ritel, perusahaan ini mengelola beragam pusat perbelanjaan melalui Transmart nan dikenal sebagai salah satu jaringan supermarket terbesar di Indonesia. 

Selain Transmart, CT Corp juga mempunyai Carrefour Indonesia nan telah diakuisisi dan diubah menjadi bagian dari jaringan ritel mereka. CT Corp juga merupakan pemilik dari Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia, Trans Shopping Mall, Aigner Indonesia, Warung Upnormal, Wendy’s, dan tetap banyak lagi.

Kemudian, di sektor jasa finansial, CT Corp membawahi Bank Mega, Allo Bank, InvestasiKu, Bank Sulutgo, dan Bank Sulteng. Di bagian rekreasi dan perhotelan, CT Corp membawahi The Trans Luxury Hotel, Ibis Bandung Studio, Garuda Indonesia, dan Citilink. Selanjutnya, di bagian properti, CT Corp membawahi Trans Studio, KidCity, Trans Property, dan Trans Park. 

Profil Chairul Tanjung si Anak Singkong

Chairul Tanjung memimpin CT Corp, sebuah konglomerasi nan meliputi beragam sektor upaya krusial di Indonesia. Pada awal Januari 2022, Chairul Tanjung menempati posisi ketiga orang terkaya di Indonesia jenis majalah Forbes. Dalam daftar miliarder real-time nan dikutip pada Jumat, 7 Januari 2022, kekayaan Chairul tercatat naik 16 juta dolar Amerika menjadi 7,5 miliar dolar Amerika, alias setara dengan Rp 107,62 triliun.

Iklan

Dilansir dari laman Kemendagri, perjalanan hidup dan upaya Chairul Tanjung telah dituangkan dalam kitab biografinya nan berjudul Chairul Tanjung Si Anak Singkong. 

Buku ini menggambarkan gimana Chairul, meski berasal dari family dengan kondisi ekonomi terbatas, bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berkah keteguhan orangtuanya nan sangat mementingkan pendidikan sebagai jalan keluar dari kemiskinan. Sang ibunda, Halimah, apalagi pernah menggadaikan kain lembut miliknya untuk bayar duit kuliah pertama Chairul.

Chairul memulai upaya pertamanya pada 1987 sebagai kontraktor pembangunan pabrik sumpit di Citeureup, Bogor, meskipun pada akhirnya nan terbangun adalah pabrik sandal. Kisah-kisah perjuangannya ini memberikan inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa ketekunan dan kerja keras dapat mengatasi beragam rintangan.

Dalam kitab tersebut, Chairul juga berbagi pandangannya tentang kehidupan dan bisnis. Ia percaya bahwa kesuksesan adalah hasil dari keahlian untuk "membeli masa depan dengan nilai sekarang," nan berfaedah memprediksi dan mempersiapkan diri untuk tren masa depan. Pandangan ini tercermin dalam beragam keputusannya nan visioner, seperti nan dia contohkan dengan kemunculan merek air minum Aqua di tahun 1970-an.

Selain sebagai pengusaha, Chairul juga dikenal sebagai sosok nan sangat menghormati ibunya. Baginya, ibu adalah segalanya, dan dia meyakini bahwa berkhidmat kepada ibu bakal membawa keberkahan dalam hidupnya. Prinsip ini menjadi salah satu fondasi moral nan membentuk karakter dan keberhasilannya.

Melalui CT Corp, Chairul Tanjung terus berinovasi dan mengembangkan bisnisnya, memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral pada 2014.

MICHELLE GABRIELA  | BAGUS PRIBADI | ADIL AL HASAN

Pilihan Editor: Diduga lantaran Dirikan Serikat Pekerja 9 Karyawan CNN Indonesia Terima Surat Pemberitahuan PHK

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis