Selain Tunjangan Pionir, Rumah ASN di IKN Bakal Dilengkapi Fingerprint ala Smart Home

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas menjelaskan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara dilakukan secara berjenjang sesuai penapisan kelembagaan dan kesiapan hunian. Selain itu, Azwar Anas memastikan ASN nan pindah bakal mendapatkan tunjangan pionir.

“Bagi ASN nan bakal pindah pertama bakal mendapatkan tunjangan pionir nan besarannya sedang kami finalkan berbareng Menteri Keuangan,” kata Azwar Anas dilansir laman menpan.go.id, Kamis, 1 Juli 2024.

Nantinya, beragam akomodasi disediakan pemerintah untuk mendukung para ASN nan bekerja di IKN. Salah satunya adalah disediakannya rumah susun untuk ASN dengan beragam akomodasi modern di dalamnya.

Sehubungan dengan itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, rumah susun untuk ASN bakal mengusung konsep rumah pandai alias smart home. Adapun saat ini, sudah ada 47 unit rumah susun nan tersedia di IKN.

“Untuk mendukung ASN, dibangun rumah susun ASN. Saat ini sudah perjanjian sebanyak 47 unit rumah susun,” kata Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga dikutip dari Antaranews, Selasa, 30 Juli 2024.

Lantas, apa saja isi perabot rumah ASN di IKN? Berikut rangkuman info selengkapnya.

Isi Perabot Rumah ASN

Engineering Smart Home, Fauzi, saat mendampingi Danis di Penajam Pasar Utara membeberkan beragam perabot nan bakal tersedia di setiap unit kediaman rumah ASN di IKN. Salah satunya adalah smart door lock alias sistem keamanan pintu pintar.

“Smart home di area ini dilengkapi dengan smart door lock nan dilengkapi dengan fingerprint alias kartu-kartu, juga bisa menggunakan KTP dan Passcode,” ucap Fauzi.

Dia juga mengatakan, smart home system alias sistem rumah pandai ini dapat dikendalikan melalui aplikasi panel di ponsel pandai penunggu rumah, termasuk menyalakan pendingin ruangan alias AC melalui ponsel.

“Salah satu nan dikontrol dari smart home ini adalah lampu-lampu ruangan dari perangkat kita ataupun dari handphone penunggu rumah,” ujar dia.

Selanjutnya: Staff Teknis Kementerian PUPR Naufal mengatakan....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis