Sepak Terjang Bisnis Kuncoro Wibowo, Dari Toko Kelontong hingga Kembangkan ACE Hardware

Sedang Trending 4 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -  ACE Hardware, perusahaan jaringan ritel perkakas mengumumkan bakal menghentikan operasinya di Indonesia pada 31 Desember 2024. Penutupan ini terjadi setelah pemegang lisensinya, PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, memutuskan untuk tidak memperpanjang perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd., nan bakal berhujung pada tanggal tersebut. Kolaborasi nan telah berjalan selama 29 tahun ini bakal berhujung setelah keputusan untuk tidak melanjutkan kerja sama.

Siapa Pemilik ACE Hardware Indonesia?

Saat ini, ACE Hardware Indonesia dipimpin oleh Kuncoro Wibowo, nan menjabat sebagai presiden komisaris. Lewat laman Forbes, Kuncoro merupakan bagian dari Grup Kawan Lama, perusahaan besar nan mempunyai ACE Hardware Indonesia sebagai pemegang lisensi jaringan toko perkakas asal Amerika Serikat.

ACE Hardware Indonesia merupakan perusahaan terbuka nan telah mengoperasikan 230 toko di lebih dari 60 kota di seluruh Indonesia. Grup Kawan Lama juga mempunyai sejumlah merek ritel lain, termasuk Informa, Chatime, Toys Kingdom, dan Kawan Lama Sejahtera.

Kuncoro Wibowo, lahir pada 21 April 1956, telah mengenal bumi upaya sejak mini dengan membantu ayahnya mengelola toko perkakas di wilayah Glodok, Jakarta Pusat. Pada usia 17 tahun, Kuncoro sudah terlibat dalam negosiasi dengan pemasok luar negeri, mengasah keterampilannya dalam berbisnis dan berbisnis.

Dilansir dari Indonesia Richest, upaya family Kuncoro dimulai dari sebuah toko perkakas mini berukuran 3x3 meter nan didirikan oleh ayahnya pada tahun 1955 di area pecinan tua Glodok, Jakarta. Sebagai anak tertua dari sembilan bersaudara, Kuncoro telah membantu menjalankan upaya sejak usia muda, sering berjalan ke luar negeri untuk mengikuti pameran jual beli dan mencari sumber produk. Keterampilan bisnisnya dibentuk dari pengalaman praktis nan dia dapatkan sejak belia, bukan melalui pendidikan umum di sekolah bisnis.

Pada tahun 1980, Kuncoro berbareng lima saudaranya mendirikan Kawan Lama Sejahtera, sebuah perusahaan nan mendistribusikan perkakas, mesin, dan peralatan industri. Bisnis ini berkembang pesat dengan pembukaan instansi bagian di seluruh Indonesia. Pada awalnya, instansi pusat perusahaan terletak di gedung empat lantai di area Glodok Jaya, Jakarta Pusat.

Pada tahun 1995, Kuncoro mendirikan PT ACE Hardware Indonesia Tbk, nan menjadi pemegang lisensi tunggal ACE Hardware di Indonesia. Di tahun nan sama, dia juga mendirikan merek Krisbow, nan dikenal menjual beragam jenis perkakas dengan nilai nan kompetitif.

Kawan Lama Group terus memperluas bisnisnya, termasuk dengan membangun mal Living World Alam Sutera melalui PT Retail Estate Solution pada tahun 2011. Selain itu, mereka juga mendirikan beragam gerai ritel dengan merek seperti Informa Furnishings, Toys Kingdom, Bike Colony, Chatime, dan Cupbop.

Dikutip dari Tatlerasia, Wibowo tidak menempuh pendidikan umum akibat peristiwa Gerakan 30 September 1965 nan berujung pada percobaan kudeta dan pembunuhan massal. Meski demikian, dia tetap belajar di rumah. Ia akhirnya menyelesaikan pendidikan non-diploma di London Business School, Inggris, pada tahun 1977. Pada tahun 1993, dia meraih gelar di bagian Manajemen Ekonomi dari Universitas Terbuka.

Pilihan Editor: ACE Hardware Pergi, AHI Rumuskan Strategi Baru Pengembangan Bisnis

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis