Sepekan Jelang Upacara HUT RI, Pembangunan di IKN Dihentikan Sementara

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 11:45 WIB

Persiapan untuk upacara di IKN diklaim sudah 90 persen. Saat ini tinggal merapikan dan diperkirakan sudah siap dipakai untuk tanggal 17 Agustus. Pembangunan di IKN dihentikan sementara untuk persiapan upacara HUT ke-79 RI di sana. (CNN Indonesia/Ike ​Agestu)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dihentikan untuk sementara. Penghentian dilakukan untuk persiapan upacara HUT ke-79 RI nan tinggal sepekan lagi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dihentikan sementara mulai haru ini.

"Tanggal 10 Agustus hari ini kan pekerjaan pembangunan sudah dihentikan sementara, berganti menjadi pekerjaan persiapan upacara HUT RI ke-79," kata Usman dalam Polemik MNC Trijaya, Sabtu (10/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan saat berjamu ke IKN dua hari lalu, persiapan upacara HUT RI ke-79 sudah lebih dari 90 persen.

"Tinggal perapihan-perapihan saja, jadi tanggal 17 Agustus sudah siap," katanya.

Usman mengatakan upacara bakal diselenggarakan di lapangan nan berlokasi di depan Istana Negara. Presiden Jokowi dan para tamu katanya bakal berada di teras Istana Negara menghadap ke lapangan. Kondisi itu katanya tak berbeda jauh dari upacara HUT RI nan biasanya dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara untuk para tamu undangan termasuk mantan presiden dan duta besar, Usman mengatakan pihaknya tetap menunggu konfirmasi kehadiran. Ia tak menyebut siapa saja mantan presiden nan sudah pasti bakal mengikuti upacara di IKN.

Sementara para duta besar katanya bakal berangkat ke IKN usai mengikuti Pidato Nota Keuangan Presiden Jokowi di DPR pada 16 Agustus. Mereka dan kebanyakan tamu undangan lainnya bakal menginap di Balikpapan dan menggunakan bus pengangkut menuju IKN.

Perjalanan dari Balikpapan ke IKN kata Usman bisa ditempuh sekitar satu jam lewat jalan tol.

"Tamu undangan tidak semua menginap di IKN, tetapi lebih banyak di Balikpapan. Nanti dari Balikpapan bakal naik shuttle ke IKN," katanya.

(fby/sur)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional