Sering Bareng Khofifah Ketimbang Risma, Cawalkot PDIP Eri Klarifikasi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Bakal Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan tetap mendukung Tri Rismaharini (Risma) di Pilgub Jawa Timur 2024.

Hal itu dia sampaikan setelah mendapat sorotan lantaran kerap kali tampil berbareng bakal calon gubernur Jatim lainnya, Khofifah Khofifah Indar Parawansa, di sejumlah aktivitas publik.

Eri diketahui sudah dua kali tampil di hadapan ribuan orang berbareng Khofifah. nan pertama saat aktivitas Maulid Nabi Muhammad SAW di laman Langgar Besar Miftahul Huda Rungkut Surabaya, Minggu (1/9). Kemudian nan kedua, di aktivitas Maulid Nabi Muhammad dan Haul ke-32 Buya Mas Muhammad Fathoni di Jatim Expo Surabaya, Senin (9/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebersamaan itu mendapat sorotan lantaran Eri merupakan kader PDIP nan berbeda poros politik alias koalisi dengan Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Tak hanya itu, Eri selama ini juga dikenal dekat dengan Risma.

Eri merupakan anak buah Risma semasa memimpin Pemkot Surabaya. Dia apalagi mendapatkan support penuh dari Menteri Sosisal RI itu saat berkontestasi di Pilkada Surabaya 2020 lalu.

Merespons perihal itu, Eri mengatakan, kehadirannya di acara-acara tersebut adalah semata untuk memenuhi undangan panitia. Menurutnya, kebersamaan dengan Khofifah di muka publik adalah akibat dari banyaknya partai nan mengusungnya di Pilwalkot Surabaya 2024.

"Jadi begini, saya kebetulan itu direkom oleh semua partai. Jadi jika partai itu, nanti, Insya Allah, Gerindra umpamane (umpanya) pasti dia bakal mengenalkan sosok [calon] wali kotanya, sosok [calon] gubernurnya pasti dari Khofifah," kata Eri di Balaikota Surabaya, Selasa (10/9).

Eri pun tak menutup kemungkinan bakal tampil berbareng bakal calon gubernur Jatim dari PKB Luluk Nur Hamidah dalam kesempatan selanjutnya.

"Kalau Partai Golkar juga sama, lantaran saya ini, tapi kelak jika PKB tanggal 11 [September] besok ada aktivitas rencana, berfaedah saya karo (saya sama) Mbak Luluk," ucapnya.

Di sisi lain, Eri juga memastikan bakal tampil bersandingan dengan Risma, jika datang di aktivitas nan digelar oleh PDI Perjuangan (PDIP).

"Kalau PDIP saya pasti dengan Bu Risma, itu pasti bakal terjadi seperti itu. Karena saya didukung oleh semua partai, sehingga kami ketika ada aktivitas partai saya teko (datang), nek saya gak teko terus yoopo (kalau saya enggak datang gimana), lantaran sosialisasi nang (di) masyarakat lah," ucap Eri.

Meski demikian, secara gamblang, Eri mengaku tetap mendukung Risma sebagai Calon Gubernur Jatim. Dia bakal tegak lurus dengan perintah dan keputusan partainya di Pilgub Jatim 2024.

"Saya ini dari partai PDIP, [calon gubernur nan diusung] partai PDIP itu adalah Bu Risma, maka saya bakal tegak lurus ke partai pakai jiwa saya terhadap partai PDIP," pungkas Eri.

Eri-Armuji diusung seluruh partai alias 18 partai politik nan ada di Surabaya pada Pilwalkot Surabaya 2024. Dia bakal melawan kotak kosong pada pencoblosan 27 November 2024.

(frd/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional