'Si Doel' di Tengah Klan Atut dan Anak Wapres di Bursa Pilgub Banten

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah nama besar masuk dalam bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Salah satu nan paling menarik perhatian adalah Rano Karno, nan dikenal luas sebagai pemeran "Si Doel Anak Sekolahan".

Mantan Gubernur Banten 2015-2017 ini juga telah memberikan sinyal bakal maju pada Pilgub 2024 sejak 2023 lalu. Rano Karno mengaku siap jika PDIP menugaskannya.

"Sekarang kita memang fokusnya ke Pileg, lantaran Pilgub tetap lama, tetap ada tenggang waktu. Artinya jika satu saat ditugaskan mengikuti lagi Pilgub, kita siap," kata Rano ke wartawan usai berjamu ke salah satu perguruan tinggi di Kota Serang, dilansir dari detikcom.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anggota DPR RI ini juga telah mengambil blangko penjaringan calon Gubernur Banten di Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, diwakilkan oleh tim pemenangannya, Beno Muhamad.

"Ini rumah kita, partai kita, setahu saya kader internal belum ambil formulir, baru Rano Karno," kata Beno di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Senin (29/4).

Selain itu, mantan Wali Kota Tangerang Selatan sekaligus menantu mantan Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah, Airin Rachmy Diany juga telah resmi diusung oleh Golkar dan sudah mengantongi support dari PKB dan PDIP.

Airin juga menyatakan telah berkeliling ke 1.552 desa dan kelurahan, 155 kecamatan di delapan kabupaten dan kota di provinsi itu jelang Pilgub Banten 2024. Ia mendapat banyak masukan dan keluh kesah nan dirangkumnya ke dalam visi-misi hingga program kerja untuk menjadi Cagub Banten dalam Pilkada 2024.

"Saya sudah berkeliling di empat kabupaten dan empat kota, dari 155 kecamatan sudah saya datangi. Dari 1.552 desa dan kelurahan, tetap ada sekitar 400 lagi nan belum dikunjungi," ujar Airin Rachmi Diany, dalam keterangan resminya, Jumat, (17/5).

Sejumlah nama lain juga berpotensi maju sebagai calon Gubernur Banten di Pilkada 2024. Beberapa di antaranya apalagi telah mengambil blangko ke partai politik.

Tak sedikit pula iklan dan spanduk bergambar wajah mereka nan terpampang di beragam tepi jalan raya.

Beberapa di antaranya adalah eks Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, eks Bupati Pandeglang Achmad Dimyati Natakusumah, dan eks Gubernur Banten Wahidin Halim.

Achmad Dimyati telah menyatakan kesiapannya untuk melawan kandidat lain di Pilkada Banten. Spanduk serta iklan pun sudah dipasang di banyak tempat.

Achmad Diimyati Natakusumah merintis pekerjaan politik berbareng keluarganya. Istrinya adalah Bupati Pandeglang Irna Narulita, sementara anaknya Rizki Aulia Rahman Natakusumah tercatat sebagai personil DPR RI periode 2019-2024.

Dimyati sudah empat kali maju di Pilgub Banten namun belum pernah berbuah kemenangan. Meski demikian aa tetap berambisi lantaran bercita-cita menjadikan Banten nan modern dan sejahtera.

Mantan Gubernur Banten periode 2017-2022, Wahidin Halim juga masuk dalam daftar nama bakal cagub di Pilkada 2024 mendatang.

Wahidin telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam Pilkada 2024 asal mendapat restu dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Terbaru, putera Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Ahmad Syauqi atau biasa dipanggil Gus Syauqi, maju sebagai Cagub Banten 2024. Dia resmi mendaftarkan diri ke PKB Banten.

(rts/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional