Siapkan Sekolah dan Rumah Sakit, Pemerintah Minta ASN Tidak Khawatir Dipindahkan ke IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) nan bakal dipindahkan tidak perlu cemas bakal kesiapan akomodasi pendidikan dan kesehatan di IKN.

Deputi Bidang Sosial dan Kebudayaan Otorita IKN Alimudin mengatakan saat ini pemerintah sedang membangun sejumlah sekolah berstandar internasional untuk anak-anak ASN nan bekerja di IKN.

“Jangan cemas lantaran di IKN sedang dibangun Bina Bangsa School, Jakarta International School juga sudah masuk,” kata Deputi Bidang Sosial dan Kebudayaan Otorita IKN Alimudin, di hadapan ratusan ASN dalam obrolan di Jakarta, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Alimudin mengatakan pemerintah sudah merancang dengan matang mengenai tata kelola IKN dan prasarana penunjang. Dia mengatakan, proses pembangunan bakal terus bersambung dan sejumlah akomodasi dasar seperti rumah sakit sudah siap beroperasi.

“Saya mau bilang, di IKN ada tiga rumah sakit nan bakal beroperasi. Ada RS Hermina, RS Abdi Waluyo, dan Mayapada,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan pemerintah pun sedang merancang peta jalan pendidikan di IKN. Dia menyebut anak ASN nan bakal pindah tugas, kata dia, juga bakal didata. 

Iklan

“ASN nan pindah bakal didata, anaknya usia berapa, anaknya ada berapa orang dan sebagainya. Ini bermaksud untuk penyediaan sekolah. Sekolah sudah disiapkan, bahwa itu maksimal, tentu belum. Karena pembangunan tetap terus berlangsung,” katanya.

Dia menambahkan para ASN tidak perlu cemas dengan lingkungan di IKN. Sebab dari total luasan wilayah IKN, hanya 25 persen nan bakal dibangun menjadi infrastruktur.

“Sisanya bakal dihijaukan dengan tumbuhan endemik. Sekarang sedang dalam proses ditanami semua,” kata dia.

Terkait rumor gesekan dengan masyarakat lokal, dia menepis. Namun ada bentrok lahan di IKN. “Bahwa ada rumor penyingkiran masyarakat lokal, itu bohong, itu hoaks. Tidak ada nan namanya penggusuran masyarakat lokal. Ada bentrok pertanahan, itu memang ada dan sedang kita selesaikan” katanya.

Pilihan Editor: Selain Tunjangan Pionir, Rumah ASN di IKN Bakal Dilengkapi Fingerprint ala Smart Home

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis