Sinyal PKB Gabung KIM Plus Makin Kuat Usai Cak Imin Temui Prabowo

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 18:08 WIB

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengakui ada kesepahaman antara PKB dan Gerindra untuk bekerja-sama usai pertemuan Cak Imin dan Prabowo. Prabowo dan Cak Imin. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengakui ada kesepahaman antara PKB dan Gerindra untuk berkolaborasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sinyal PKB bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 makin kuat usai Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berjumpa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Kamis (8/8) malam.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengakui ada kesepahaman antara PKB dan Gerindra untuk berkolaborasi.

"Semalam ada kesepahaman bahwa PKB bekerja-sama bersinergi dengan Partai Gerindra," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jazilul menyebut ada kesempatan PKB koalisi dengan Gerindra di Jakarta. Namun, DPP PKB juga bakal meminta masukan dari DPW DKI Jakarta.

"Ya, itu dimungkinkan kan lantaran ada payungnya. Nah teknisnya kelak nan dibicarakan, lantaran apa? DPW DKI juga punya kewenangan sebagai memberi masukan," ujar dia.

Jazilul pun mengatakan koalisi PKB dengan Gerindra di Pilkada Jakarta bisa saja terjadi lantaran kedua partai berkoalisi di Pilgub Banten. Ia mengatakan semua opsi bakal dibicarakan dan dipertimbangkan.

"PKB berbareng dengan Gerindra kelak bisa menyusul di DKI, bisa menyusul di Jawa Barat, bisa menyusul di Jawa Tengah, bisa menyusul di Jawa Timur," ujar dia.

"Semuanya dibicarakan, kan ada pertimbangan-pertimbangan dan proses dari cabang-cabang dan Desk Pilkada. Semua didengarkan dulu prosesnya," sambungnya.

Adapun DPW PKB DKI Jakarta telah merekomendasikan Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024.

Namun, DPP PKB tak kunjung menentukan sikap. Padahal, PKB merupakan salah satu partai pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Terkini, partai ketua Cak Imin itu sudah memberikan sinyal gabung dengan KIM, gerbong partai nan mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pada Kamis malam, Cak Imin mendatangi rumah dinas Prabowo di Kompleks Widya Chandra, Jakarta.

Di lain sisi, PKB juga dinilai berpotensi berkoalisi dengan PDIP nan sampai saat ini belum menyatakan dukungan.

(mab/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional