SMRC: Mayoritas Pemilih NasDem-PKS-PKB Pilih Anies di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 18 Agu 2024 15:40 WIB

Survei SMRC merilis kebanyakan pemilih NasDem, PKS dan PKB bakal memilih Anies di Pilgub Jakarta 2024 jika hanya melawan Ridwan Kamil Anies Baswedan disebut SMRC bakal dipilih konstituen PKS, PKB dan NasDem di Pilgub Jakarta 2024. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil Survei SMRC memperlihatkan kebanyakan pemilih NasDem, PKS dan PKB bakal memilih Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024 dalam simulasi head to head alias berhadapan hanya melawan Ridwan Kamil.

"Pemilih PKB, NasDem dan PKS, tiga [pemilih] partai ini sangat kuat sekali dukungannya ke Anies. Kalau Anies musuh RK," kata Peneliti SMRC Deni Irvani dalam konvensi persnya secara daring, Minggu (18/8).

Deni menunjukkan Anies mendapatkan bunyi 94 persen dari pemilih PKS, alias unggul jauh dari Ridwan Kamil nan hanya mendapatkan bunyi 5 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada pemilih Nasdem, Anies mendapatkan support sebesar 76 persen, jauh di atas Ridwan Kamil 22 persen. Sementara pada segmen pemilih PKB, Anies juga unggul jauh 73 persen melawan Ridwan Kamil nan hanya mendapatkan support 17 persen.

"Pemilih NasDem maunya Anies. Pemilih PKS apalagi. Makin mencolok. Pemilih partai paling solid ke Anies ya PKS. Jaraknya sangat jauh. Pemilih PKS sangat pro Anies," kata dia.

Di sisi lain, Deni menjelaskan Ridwan Kamil terlihat unggul atas Anies Baswedan di pemilih PSI sebesar 93 persen. Kemudian di pemilih Gerindra sebesar 71 persen dan Golkar sebesar 52 persen.

Sementara pemilih Demokrat terbelah kepada Anies sebesar 46 persen dan Ridwan Kamil (43 persen).

"Mayoritas Pemilih PDI Perjuangan belum menentukan (53 persen), tapi nan memilih Ridwan Kamil (39 persen) lebih banyak dibanding Anies (8 persen)," kata Deni.

Survei SMRC ini dilakukan pada 8 - 12 Agustus 2024. Survei ini menggunakan metode double sampling dengan sampel sebanyak 500 responden dipilih secara random dari database sampel survei tatap muka nan telah dilakukan SMRC sebelumnya dengan jumlah proporsional menurut kabupaten/kota untuk mewakili pemilih Jakarta.

Untuk mendapatkan sampel nan proporsional dari responden nan mempunyai telpon tersebut terhadap karakter populasi Jakarta dilakukan pembobotan terhadap sampel terpilih. Margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 4,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Anies sekarang terancam tak bisa maju Pilgub DKI Jakarta lantaran belum ada partai nan resmi mengusungnya. Partai-partai pemilik bangku DPRD merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung Ridwan Kamil. NasDem dan PKS kemungkinan bakal ikut mendukung Ridwan Kamil.

Namun, PDIP dan PKB hingga sekarang belum mengumumkan sikap untuk maju di Pilkada DKI Jakarta. Peluang PDIP untuk membentuk poros baru kian menyempit.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional