Sri Mulyani Luncurkan Autobiografi, Airlangga Bercanda Soal SInyal Lanjut jadi Menteri

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkelakar mengatakan kitab riwayat hidup resmi Sri Mulyani nan berjudul No Limits: Reformasi dengan Hati menjadi sinyal Sri Mulyani bakal menjabat lagi di pemerintahan selanjutnya. Saat ditanyai wartawan senior Rosianna Silalahi, dia menyebut frasa "No Limits" sebagai kode keras bagi Sri Mulyani nan bakal tetap menjadi menteri di pemerintahan periode berikutnya.

"Yang pertama saya memandang kitab ini sebagai kode keras, karena there is no limit. Even sky is not a limit. Artinya jika tadi kita bicara fase satu (menteri) dengan pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Fase dua (menteri) dengan Pak Joko Widodo (Jokowi). Apakah ini persiapan fase tiga?" banyolan Airlangga kepada Sri Mulyani dan tamu nan datang dalam aktivitas peluncuran kitab tersebut di Jakarta, Jumat, 20 September 2024.

Pada kesempatan itu, Airlangga menilai Sri Mulyani selama ini telah menjabat sebagai menteri finansial dengan baik, khususnya saat menghadapi krisis pandemi COVID-19. Bukubiografi Sri Mulyani ini ditulis oleh Metta Dharmasaputra berbareng sejumlah kontributor lain.

Biografi tersebut menjadi rekam jejak perjalanan panjang Sri Mulyani sebagai pejabat publik, terutama selama masa pengabdiannya di Kementerian Keuangan. "Ide untuk bikin kitab ini adalah banyak sekali kejadian nan terjadi dalam 20 tahun terakhir, sejak 2004 pemerintahan baru dan lantaran saya ikut dalam beberapa kabinet, itu kebetulan banyak sekali kejadian nan terjadi," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Iklan

Menurutnya, kitab tersebut telah sukses menangkap banyak bagian perjalanan karirnya. Buku tersebut tidak hanya berfokus pada kebijakan, tetapi juga memberikan pandangan lebih dalam mengenai sisi humanis dari pekerjaannya sebagai pejabat publik. "Saya berambisi bahwa dengan adanya kitab ini bisa menjadi salah satu bagian dari me-record pengalaman menjadi sebuah buku, maupun sebagai referensi bagi banyak kawan teman di Kementerian Keuangan maupun bagi pembaca ke depannya," ujarnya.

Selain Airlangga, ada beberapa pejabat lain nan datang dalam aktivitas peluncuran seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Deputi Gubernur Bank Indonesia Destry Damayanti hingga beberapa Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan.

Pilihan editor: China Kembali Impor Makanan Laut dari Jepang Usai Pembuangan Limbah Fukushima

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis