Strategi PDIP Raih Kemenangan di Pilkada Jawa Timur

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Timur (Jatim) optimis meraih kemenangan optimal dalam pemilihan kepala wilayah (Pilkada) mendatang. Adapun PDIP sudah menerbitkan rekomendasi untuk sejumlah calon kepala wilayah di Jatim.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Pemenangan Pemilu Deni Wicaksono mengatakan, dalam rangka meraih kemenangan itu pihaknya menerapkan tiga skema kerja dalam pemenangan Pilkada.

Pertama, memperluas dan memperkuat skema kerja sama namalain gotong royong dengan beragam kelompok, baik parpol lain maupun beragam komponen masyarakat lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut dia, kerja sama dibangun bukan hanya dalam kerangka Pilkada, tetapi juga dibangun kesepahaman tentang visi-misi berbareng dalam membangun wilayah ke depan.

"PDI Perjuangan di Jatim terus memperluas kerja sama dengan semua pihak, termasuk lintas parpol, bergotong royong berbareng memajukan daerah, lantaran tentu dalam membangun suatu wilayah tidak bisa hanya dilakukan oleh satu alias dua golongan saja," ujar Deni nan juga personil DPRD Jatim kepada media, Rabu (31/7).

Kedua, terus mendorong semua kandidat nan diusung PDIP bersama-sama para kader dan lintas komponen lainnya untuk terus turun ke bawah menyapa serta mencari solusi atas permasalahan-permasalahan rakyat.

"Kami terus bergerak dengan kepercayaan nan menyatu berbareng masyarakat, selalu turun ke bawah," katanya.

Sebab, hanya dengan turun ke bawah semua masalah di masyarakat bakal dipahami dengan baik dan mencarikan solusi secara bersama-sama.

"Inilah politik partisipatif berbasis akar rumput nan menjadi karakter unik PDI Perjuangan," ujar Deni nan juga alumnus Universitas Airlangga.

Kemudian, skema ketiga adalah pengemasan semua aktivitas kampanye secara imajinatif dan atraktif. Termasuk mendorong model kampanye unik Gen Z nan merupakan pemilih pemula.

Sebab, saat ini kaum muda mulai mendominasi struktur pemilih di Pilkada pada nyaris semua daerah. Sehingga krusial untuk melakukan kampanye nan relevan dengan tema, karakter, dan kebutuhan mereka.

"Dengan bungkusan kampanye-kampanye nan imajinatif serta atraktif nan InsyaAllah bakal semakin bisa memikat hati pemilih," tutur Deni.

PDIP sendiri sejauh ini telah resmi menyerahkan rekomendasi kepada tujuh pasangan calon kepala wilayah dan calon wakil kepala daerah.

Antara lain Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi-Armuji; Ony Anwar Harsono-Dwi Rianto Jatmiko untuk calon Bupati dan calon Wakil Bupati Ngawi; dan Maryoto Birowo-Didik Girnoto Yekti untuk calon bupati dan calon wakil bupati Tulungagung.

Kemudian, Bambang Riyanto dan Bayu Setyo Kuncoro untuk Kota Blitar, Habib Zainal Abidin dan Sri Setyo Pertiwi untuk Kota Probolinggo, Nyai Mundjidah Wahab-Sumrambah untuk Jombang, serta Achmad Fauzi-KH Imam Hasyim untuk Sumenep.

(inh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional