Suami Komisioner Betty Idroos Maju Pilkada, KPU Klaim Tetap Independen

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 07 Sep 2024 15:30 WIB

KPU menjamin tetap independen meskipun suami Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, Zulkarnain Awat Amir, maju sebagai calon Bupati Maluku Tengah di Pilkada 2024. KPU menjamin tetap independen meskipun suami Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, Zulkarnain Awat Amir, maju sebagai calon Bupati Maluku Tengah di Pilkada 2024. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan tetap independen meskipun suami dari Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos, Zulkarnain Awat Amir, maju di Pilkada Serentak 2024 sebagai calon Bupati Maluku Tengah.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan seluruh pengambilan keputusan KPU berkarakter terbuka dan publik. Dengan demikian, independensi KPU tetap bisa dipantau publik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami pastikan KPU tetap independen, KPU imparsial, tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon alias calon," kata Idham di sela-sela simulasi pemungutan dan kalkulasi bunyi Pilkada 2024 di Kota Depok, Sabtu (7/9) dilansir detik.

Menurut Idham, Betty juga sudah menyatakan komitmen menjaga integritas meski suaminya maju di pilkada. Idham percaya dengan pernyataan koleganya itu.

"Saya percaya kepada kawan saya, rekan saja, kolega saya, bahwa beliau bakal menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu dan beliau sudah declare itu ke publik," ucapnya.

Sebelumnya, Zulkarnain Awat Amir, maju sebagai calon Bupati Maluku Tengah di Pilkada Serentak 2024. Zulkarnain diketahui sebagai suami dari Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos.

Betty membikin surat pernyataan dan pengumuman ke publik mengenai perihal itu. Dia mengundurkan diri dari posisi koordinator wilayah Maluku di KPU RI.

"Menyatakan secara resmi bebas dari tumbukan kepentingan dari pihak mana pun pada penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2024 dan mundur sebagai koordinator Wilayah Maluku melalui Surat Penyataan Bebas Benturan kepentingan per tanggal 28 Mei 2024," ucap Betty kepada wartawan, Kamis (5/9).

Direktur Eksekutif Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Hadar Nafis Gumay meminta publik waspada potensi bentrok kepentingan.

"Kita perlu pastikan saja bahwa tidak ada, apa, ruang conflict-conflict of interest itu nan dimanfaatkan, sebetulnya kan begitu," ujar Hadar saat dihubungi, Rabu (5/9).

(dhf/rds)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional