Sudah Selesai Urusan Hidup, Pramono Ungkap Alasan Maju Pilgub Jakarta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 08 Sep 2024 15:45 WIB

Pramono Anung mengaku sudah selesai dengan urusan hidupnya. Ia tak mau lagi jadi pejabat. Tapi lantaran perintah Megawati, dia pun akhirnya maju pilgub Jakarta. Bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta Pramono Anung blak-blakan soal argumen dirinya memutuskan berkompetisi di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta Pramono Anung blak-blakan soal argumen dirinya memutuskan berkompetisi di pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Ia mengatakan keputusan itu murni dorongan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pasalnya, Pramono sendiri merasa tidak mau maju jadi cagub lantaran sudah puas mencicipi masam garam politik.

"Kami sampaikan saya sendiri sebenarnya sudah selesai dengan hidup saya, saya maju jadi (calon) gubernur Jakarta 1.000 persen lantaran keputusan Ibu Megawati," katanya saat bersilaturahmi dengan penduduk di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (8/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pramono sebelumnya menjabat sekretaris kabinet pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2015 dan kembali menduduki kedudukan tersebut dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024.

Sebelum itu, dia juga merupakan wakil ketua DPR RI sejak 2009 hingga 2014 mewakili Fraksi PDIP. Dengan sederet pengalaman tersebut, Pramono mengaku sudah puas dan tak mau maju menjadi cagub.

"Sebenarnya saya sudah betul-betul engak mau, engak mau jadi pejabat, sudah 25 tahun (di bumi politik), dan saya menjaga amanah itu," tuturnya.

Kendati, Pramono mengaku tetap menghargai kepercayaan dari Megawati dan masyarakat Jakarta. Ia pun akhirnya menerima tawaran untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

"Kalau dikasih kepercayaan saya berbareng Bang Doel (Rano Karno) untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur bukan hanya amanah nan saya janjikan pada bapak ibu, saya bakal bekerja keras untuk mewujudkan Jakarta nan lebih sejahtera, Jakarta nan lebih aman, Jakarta nan lebih bahagia," kata Pramono.

Dalam kesempatan terpisah, Pramono memang sempat bercerita bahwa dirinya menolak tawaran Megawati untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

Pramono pun menyebut Megawati sempat marah kala itu. Megawati menurutnya menekankan bahwa pemilihannya sebagai cagub Jakarta merupakan prinsip dari partai.

Pramono Anung dan Rano Karno resmi didaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini diusung PDIP dan Hanura.

Paslon lainnya nan bakal berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil-Suswono. Mereka diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus.

Kemudian, ada paslon dari jalur independen ialah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Namun, pasangan ini belum daftar ke KPUD DKI.

(mrh/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional