Sudaryono Batal Maju Cagub Jateng Usai Jadi Wamentan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 18 Jul 2024 17:36 WIB

Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menyatakan bakal konsentrasi membantu Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono memastikan tak maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jateng 2024 usai resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono memastikan tak maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jateng 2024 usai resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Sudaryono menyatakan bakal konsentrasi membantu Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sehingga untuk pencalonan gubernur dengan pelantikan ini, saya nyatakan, saya tidak. Partai Gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye untuk gubernur lagi," kata Sudaryono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7).

Sudaryono enggan membocorkan soal nama kandidat cagub alias cawagub nan bakal diusung partai Gerindra dalam Pilgub Jateng 2024.

Menurutnya, nama-nama nan muncul seperti Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi dan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep tetap sangat dinamis.

Namun, dia meyakini parpol nan tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal selalu kompak dalam mengusung cagub alias cawagub di Pilkada 2024.

"Nah? Keputusannya seperti apa, saya kira kita mesti tunggu. Ya enggak lama lagi lah, sebulan lagi udah keliatan nama-namanya," ujar Sudaryono.

Di letak nan sama, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bakal mengambil keputusan mengenai Pilgub Jateng secepatnya.

Namun dia juga enggan menyebut nama Luthfi nan bakal dipinang, menyusul Sudaryono nan sudah tidak bisa maju di gelaran pesta kerakyatan Jateng itu.

"Nanti Pak Prabowo bakal mengambil keputusan. Ya kelak bakal diumumkan secepatnya," kata Muzani.

Selain Sudaryono, Presiden Jokowi pada hari ini juga melantik Yuliot Tanjung nan mengisi posisi baru selaku Wakil Menteri Investasi. Serta Thomas Djiwandono alias Tommy sebagai Wakil Menteri Menteri Keuangan Kedua.

Para wakil menteri tersebut dilantik berasas pada Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional