Sudirman Said Buka Peluang Maju Cagub DKI Jakarta Lewat Jalur Parpol

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 14:09 WIB

Sudirman Said mengatakan tetap ada jalur partai politik andaikan jalur independen tak memungkinkan dirinya maju calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Sudirman Said mengatakan tetap ada jalur partai politik andaikan jalur independen tak memungkinkan dirinya maju calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan tetap ada jalur partai politik andaikan jalur independen tak memungkinkan dirinya untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024.

"Proses ini tetap panjang. Jalur independen tak memungkinkan, kan ada jalur partai," kata Sudirman dalam pernyataannya di kanal YouTube Hersubeno Point. Sudirman sudah mengizinkan CNNIndonesia.com mengutip pernyataannya tersebut.

Sudirman mempunyai prinsip jika politik merupakan rencana publik, bukan agenda pribadinya. Sehingga, dia memberikan kebebasan kepada para relawan dan komponen masyarakat nan mendukungnya berinisiatif memajukan dirinya sebagai calon gubernur Jakarta lewat jalur beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dan sejumlah sahabat dan golongan datang ke KPUD, dan memandang kemungkinan ke sana. nan terjadi mungkin penjajakan. Mungkin minta akses. Tapi setelah beberapa hari mereka proses dan tak visible. Karena seluruh persyaratan kudu selesai pada hari Minggu itu," kata dia.

Sudirman lantas bercerita sejak Oktober 2023 lalu, beberapa partai politik nan mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 kerap kali berbincang soal peluangnya maju Pilkada. Baik kemungkinan maju di Pilgub Jawa Tengah kembali, maupun di Jakarta.

Sudirman menganggap Pilkada Jakarta sebagai panggilan jika partai politik dan para relawan serius mendukungnya.

"Kalau partai-partai dukungannya serius, dan relawan mau terus bekerja seperti kemarin-kemarin nan kita urus. Dan semua sistem tersedia, saya enggak punya bekal logistik, ya saya menempatkannya sebagai panggilan. Insyaallah saya tak dalam posisi meminta support maupun menjajakan diri. Bukan mau jual mahal, tapi rasanya nan baik kan kita tak mencari, tapi kita sediakan diri. Buat saya ketika pada posisi publik kita bisa bersiap, tapi jangan ingin," kata dia.

Sebelumnya, pihak KPUD Jakarta mengungkapkan tim dari Sudirman Said telah berkonsultasi untuk maju sebagai bakal calon independen di Pilkada 2024 berbareng Abdullah Mansuri. Sudirman juga disebut telah mengusulkan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke KPU DKI Jakarta.

Belakangan Sudirman memutuskan batal maju sebagai pasangan bakal calon independen di Pilkada Jakarta. Sudirman hanya mengusulkan akses Silon ke KPU DKI Jakarta, tetapi tidak melanjutkan tahapan selanjutnya.

(rzr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional