Sukses Pemkab Cirebon Lestarikan Kekayaan Seni dan Tradisi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon sigap tanggap dalam menangani masalah kebudayaan di masyarakat dengan aktif menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni dan tradisi.

Kabupaten Cirebon adalah salah satu wilayah di Jawa Barat nan kaya bakal kebudayaannya nan sudah sangat terkenal dan turun temurun dilestarikan hingga saat ini.

Seni dan budaya di Kabupaten Cirebon kebanyakan berupa tarian dan karya seni, seperti tari topeng, sintren, kesenian gambyung, angklung bungko, genjring rudat, dan batik Cirebon nan sudah mendunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak hanya batik, tetapi tari-tarian Cirebon juga sudah dikenal di mancanegara. Semua kearifan lokal tersebut tetap dinikmati hingga saat ini oleh masyarakat.

Dikutip dari laman Diskominfo Kabupaten Cirebon, Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus memunculkan potensi budaya nan ada di desa-desa sebagai salah satu corak upaya pelestarian dan menarik wisatawan.

Salah satunya dengan menyelenggarakan pagelaran tarling klasik nan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si beserta jejeran di Desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon.

Wabup Wahyu mengatakan, bahwa tarling klasik merupakan salah satu kebudayaan nan berasal dari Desa Jemaras Kidul nan kudu terus dilestarikan.

"Kegiatan ini untuk terus melestarikan budaya lokal dan menjunjung tinggi nilai luhur budaya tersebut," kata Wahyu, Rabu (11/10/2023).

Profil Pemkab Cirebon

Pemkab Cirebon adalah salah satu kandidat pemenang di arena CNN Indonesia Awards keenam nan bakal digelar pada Selasa (17/9) di Bandung, Jawa Barat dengan tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju."

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024, serta Semarang, Jawa Tengah, 14 Agustus 2024.

Kabupaten Cirebon merupakan bagian dari wilayah provinsi Jawa Barat nan terletak di bagian timur dan merupakan pemisah sekaligus sebagai pintu gerbang provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan letak geografisnya, wilayah Kabupaten Cirebon di sebelah utara berbatasan dengan wilayah Kabupaten Indramayu dan sebelah barat laut berbatasan dengan wilayah Kabupaten Majalengka.

Kemudian sebelah selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kuningan, sebelah timur berbatasan dengan wilayah Kotamadya Cirebon dan Kabupaten Brebes (Jawa Tengah).

Visi Kabupaten Cirebon adalah "Terwujudnya Kabupaten Cirebon nan Berbudaya, Sejahtera, Agamis, Maju, dan Aman."

(juh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional