Sukses Pemkab Purwakarta, 99,52 Persen Warga Terlindungi JKN

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu kabupaten tersukses di Jawa Barat dalam melayani masyarakat untuk penerapan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Bahkan, Pemkab Purwarkarta mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tiga kali secara beruntun ialah 2022, 2023, dan 2024.

Capaian UHC alias cakupan kesehatan semesta Kabupaten Purwakarta dari tahun ke tahun terus juga mengalami peningkatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan situs resmi Pemkab Purwakarta, persentase capaian tahun ini per Agustus 2024 sebesar 99,52 persen dengan jumlah peserta 1.031.741.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengungkapkan rasa senang dan apresiasi atas kerja keras semua pihak mengenai hingga diraihnya penghargaan UHC.

"Diterimanya penghargaan UHC ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Purwakarta mendukung optimasi penyelenggaraan program JKN-KIS dengan menghadirkan jasa kesehatan nan terjangkau, berkualitas, dan merata bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta," kata Benni Irwan saat menerima penghargaan Senin 12 Agustus 2024 lalu.

"Predikat UHC krusial untuk dipertahankan dengan bekerja-sama lintas lembaga pemerintah wilayah dan pihak mengenai agar semua bersama-sama mengambil peran sesuai fungsinya," kata Benni.

Penduduk nan sudah menjadi peserta program agunan kesehatan nasional itu juga pembayaran preminya tidak semua mandiri. Ada nan dibayarkan pemerintah pusat dan perusahaan swasta tempat mereka kerja.

Selain itu, ada pula nan biaya preminya dibayarkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, ialah melalui APBD Purwakarta, ialah hanya untuk kepesertaan kepesertaan kelas tiga.

Keberhasilan program UHC membikin Pemkab Purwakarta terpilih sebagai salah satu salah satu kandidat pemenang di arena CNN Indonesia Awards keenam nan bakal digelar pada Selasa (17/9) di Bandung, Jawa Barat dengan tema "Jawa Barat Menyala untuk Indonesia Maju."

Sebelumnya, arena CNN Indonesia Awards pertama telah digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Dilanjutkan arena kedua nan dihelat di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian di Palembang, Sumatra Selatan pada Juli 2024. Lalu di Medan, Sumatra Utara pada 9 Agustus 2024, serta Semarang, Jawa Tengah, 14 Agustus 2024.

CNN Indonesia Awards diadakan sebagai apresiasi dan dorongan bagi wilayah dan private sector nan telah menerapkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan wilayah dan praktik bisnis, agar dapat menjadi contoh serta inspirasi bagi wilayah lain.

(vws)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional