Sukses Pemprov Jawa Barat Bangun Ribuan Desa Mandiri

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terus berkomitmen dalam memajukan daerah melalui beragam program nan tidak hanya berfokus pada pembangunan tetapi juga kesejahteraan warga.

Sejauh ini, Jawa Barat dinilai sukses dalam mengakselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui Inovasi Gerbang Desa nan mencakup 12 program.

Programnya meliputi Advokasi Desa, Desa Wisata, Desa Digital, Ove Village One Company (OVOC), CEO BUMDes, Patriot Desa, Satu Desa Satu BUMDes, Sekolah Desa Juara, Posyandu Juara, Infrastruktur Desa, Mobil Siaga Kampung Juara (Maskara), dan Aplikasi Layanan Publik Sapawarga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasil dari penyelenggaraan program tersebut, Jawa Barat bisa menghilangkan status desa tertinggal menjadi nol dan melahirkan 1.820 desa mandiri.

Berkat inisiatif dari program-program tersebut pula, mengantarkan Provinsi Jabar meraih prestasi dan tercatat sebagai wilayah terbaik pertama di Indonesia dalam pembangunan daerah.

Bahkan sampai sekarang, demi memajukan provinsi terdapat enam prioritas pembangunan di Jawa Barat nan tetap terus dijalankan alias berjalan di tahun ini.

Prioritas tersebut mencakup pembangunan ekonomi berbasis peningkatan kapabilitas UMKM hingga membuka lapangan kerja seluas-luasnya, reformasi sistem pendidikan, penguatan sistem kesehatan daerah, penguatan sistem perlindungan sosial dan penanganan akibat bencana, pengembangan infrastruktur, hingga penemuan pelayanan publik dan penataan daerah.


Tentang Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan keenam nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Selasa (17/9) di Bandung.

Provinsi nan terletak di bagian barat Pulau Jawa ini mempunyai peran krusial dalam sejarah, budaya, dan ekonomi Indonesia. Wilayah Jawa Barat mempunyai topografi nan beragam, mulai dari dataran rendah di pantai utara hingga pegunungan di bagian selatan.

Gunung tertingginya adalah Gunung Cereme (3.078 m) di perbatasan dengan Jawa Tengah. Sektor ekonomi Utama di Jawa Barat meliputi pertanian, industri manufaktur, pariwisata dan jasa.

Jawa Barat kaya bakal warisan budaya Sunda nan tercermin dalam seni tradisionalnya seperti wayang golek, jaipong, hingga pagelaran tahunannya ialah seren taun nan digelar di Kuningan.

Di Jawa Barat juga mempunyai banyak lembaga pendidikan ternama dan berkualitas, termasuk Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, hingga Universitas Padjadjaran.

Sejauh ini ada banyak lokasi wisata popular nan bisa di jelajahi di Jawa Barat, di antaranya seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pantai Pangandaran, Kawah Putih di Ciwidey, Kebun Raya Bogor dan tetap banyak lagi.

Jawa Barat berkomitmen untuk terus berkembang sebagai provinsi nan dinamis, dan memadukan tradisi dengan modernitas dalam beragam aspek kehidupan masyarakatnya.

(avd/fef)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional