Sumbar Gelar Pemilihan Ulang DPD Hari Ini, Irman Gusman Jadi Peserta

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilihan bunyi ulang (PSU) digelar hari ini di Sumatera Barat (Sumbar) untuk memilih personil majelis perwakilan wilayah (DPD). PSU akan mengikutsetakan Irman Gusman sebagai peserta. 

PSU digelar untuk melaksanakan keputusan Mahkamah Konsititusi (MK) nan memutuskan agar KPU menggelar pemilihan ulang untuk DPD di Sumbar. Dalam pemilu lalu, KPU tak memasukan nama Irman sebagai salah satu calon DPD.

Komisioner KPU Sumbar Hamdan mengatakan PSU sudah disiapkan seluruhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Semuanya sudah siap. Surat suara, kotak bunyi dan logistik lainnya juga sudah distribusikan ke TPS-TPS," Hamdan kepada CNNIndonesia.com kemarin.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan itu mengatakan jumlah pemilih untuk pemilu ulang ini sama dengan Pemilu 14 februari lalu, ialah 4.088.606 orang. Para pemilih ini tersebar di 17.569 TPS nan ada di 19 kabupaten/kota.

"Angkanya sama dengan jumlah DPT pada Pemilu lalu," ujar Hamdan.

Ia tidak menampik bakal terjadi penurunan partisipasi pemilih, lantaran PSU hanya untuk DPD-RI. Meski begitu, dia berharap, partisipasi tetap terjaga angkanya, sama dengan Pemilu 14 Februari, ialah 76,7 persen.

Salah satu wilayah nan melakukan pengedaran logistik Pemilu adalah KPU Kota Padang. Dengan pengawalan petugas keamanan, pengedaran dilakukan menggunakan sejumlah kendaraan.

Ketua KPU Padang, Dorri Putra mengatakan, ada 2.681 TPS di wilayah itu.

"Tersebar di 11 Kecamatan dan 104 Kelurahan nan ada," kata Dorri.

Pemungutan bunyi ulang unik DPD-RI sendiri terpaksa digelar KPU Sumatera Barat, sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi, setelah menerima seluruh gugatan nan dilayangkan oleh mantan Ketua DPD-RI, Irman Gusman.

Irman nan pernah tersangkut kasus korupsi di KPU, menggugat KPU lantaran namanya dicoret dari daftar peserta pemilu. Padahal, proses pencalonannya diterima dan namanya muncul di daftar calon sementara.

Dengan masuknya nama Irman, bakal ada 16 calon DPD nan bakal dipilih penduduk Sumbar.

Mereka adalah  (1) Abdul Aziz, (2) Cerint Iralloza Tasya, (3) Desrio Putra, (4) Derri Uzhzhulam, (5) Emma Yohanna, (6) Hendra Irwan Rahim, (7) Irman Gusman.

Berikutnya (8) Jelita Donal, (9) Jhoni Afrizal, (10) Leonardy Harmainy Bandaro Basa, (11) Mevrizal, (12) Muslim M Yatim, (13) Nurkhalis, (14) Yonder WF Alvarent, (15) Yong Hendri dan (16) Yuri Hadiah.

Mereka para caleg itu bakal memperebutkan empat bangku DPD di Sumbar.

(ned/sur)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional