Supratman: Semua Partai Sedang Adem-adem Saja, Tak Ada Dualisme

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyatakan semua partai politik di Indonesia saat ini tak ada dualisme dan sedang baik-baik saja.

"Enggak ada [dualisme]. Sampai hari ini enggak ada masalah dengan semua partai nan sedang Munas, Kongres, Muktamar. Semua adem-adem saja, enggak ada masalah," kata Supratman di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun memaklumi jika internal partai kerap kali ribu lantaran menjelang forum munas alias kongres.

Ia hanya menekankan Kemenkumham bakal bertindak setara sesuai peraturan nan bertindak objektif ketika menangani persoalan dualisme partai politik nantinya.

"Nanti kita bakal lihat, Kemenkumham bakal objektif memandang itu," kata dia.

Belakangan ini internal sejumlah partai politik tengah dilanda gejolak. Semisal, Airlangga Hartarto tiba-tiba mendadak mengundurkan diri dari bangku Ketua Umum Partai Golkar terhitung Sabtu 10 Agustus.

Partai berlambang pohon beringin itu awalnya bakal menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada Desember 2024. Airlangga apalagi sudah mendapat support dari organisasi sayap partai untuk menjadi ketum lagi.

Namun, Munas Golkar kemudian dipercepat pada Selasa (20/8) besok di Jakarta untuk memilih ketum baru.

Tak hanya Golkar, PKB juga dilanda gonjang ganjing prahara dengan PBNU.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menyebut sejumlah ustad mengusulkan agar pihaknya melakukan Muktamar luar biasa.

Ia menyatakan usulan itu dilontarkan saat ratusan kiai, baik struktural maupun pengasuh pesantren berkumpul di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (12/8) sore.

Usulan itu muncul lantaran para ustad mau PBNU melakukan upaya perbaikan dan pembenahan PKB nan saat ini dipimpin oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"(Muktamar luar biasa) Terkait apa? Terkait PKB? Gak ada. Ya ada bunyi dikit-dikit lah," kata Gus Yahya, di Pesantren Miftachussunnah, Kedung Tarukan, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya, Selasa (13/8).

Di sisi lain, Cak Imin pun mewaspadai adanya manuver pihak lain nan mau menggelar MLB PKB. PKB ketua Cak Imin bakal menggelar Muktamar pada 24-25 Agustus di Bali. Salah satu agenda Muktamar adalah memilih ketua umum periode selanjutnya.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional