Survei LSI Pilgub NTB: Jubir Kemlu Unggul, Disusul 2 Calon Petahana

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 17:21 WIB

Jubir Kemlu Lalu M Iqbal unggul dalam survei LSI. Namun, tetap tertinggal dalam simulasi berpasangan dengan Indah Dhamayanti. Jubir Kemlu Lalu M Iqbal unggul dalam survei LSI. Namun, tetap tertinggal dalam simulasi berpasangan dengan Indah Dhamayanti. (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha)

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengenai Pilkada Nusa Tenggara Barat (NTB) 2024 mencatat Lalu Muhammad Iqbal unggul dari kandidat lainnya.

Dalam simulasi tiga nama, Iqbal meraup elektabilitas 22,4 persen. Ia unggul dari Zulkieflimansyah nan meraih 21,5 persen dan Siti Rohmi Djalilah 21 persen. Sementara responden nan memilih tidak tahu/tidak jawab sebesar 35 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, dalam simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Iqbal nan berpasangan dengan Indah Dhamayanti Putri tetap tertinggal dari Zulkieflimansyah-Suhaili.

Iqbal-Dinda memperoleh 24,3 persen, sedangkan Zul-Suhaili dengan mencatat elektabilitas 28,1 persen. Kemudian, Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin di posisi ketiga dengan perolehan 19 persen.

"Untuk simulasi pasangan paslon Iqbal-Dinda makin mendekati elektabilitasnya Zulkieflimansyah-Suhaili. Di posisi ketiga diisi oleh pasangan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya, Selasa (13/8).

Adapun survei ini dilakukan pada 16-24 Juli 2024. Melibatkan 800 responden dengan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error ±3,5 persen.

Sejauh ini, Iqbal-Dinda telah mengantongi support dari Partai Gerindra, PAN, Golkar, dan Gelora di Pilkada NTB 2024.

Selain itu, Iqbal nan juga mantan Dubes Turki itu juga menjadi salah satu dari lima orang nan mendaftar ke DPW PKB NTB.

Ia diprediksi bakal berhadapan dengan dua calon petahana di Pilkada NTB, ialah Zulkieflimansyah nan merupakan Gubernur NTB dan Sitti Rohmi Djalilah nan merupakan Wakil Gubernur NTB.

Pada Pilkada NTB 2024, Zul dan Sitti kemungkinan bakal pisah jalan. Keduanya digadang bakal maju masing-masing sebagai calon gubernur.

Belum ada survei serupa mengenai Pilkada NTB. Adapun pendaftaran pasangan calon kepala wilayah sekarang tinggal 14 hari lagi, ialah dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional