Survei Pilgub Jabar: Demul 65,9 Persen, Paslon Lain di Bawah 12 Persen

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei nan dirilis oleh Poltracking mencatat tingkat keterpilihan alias elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jawa Barat 2024 nomor urut 4 Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan masih unggul jauh dari tiga pasangan lain nan menjadi rivalnya.

Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda menjelaskan elektabilitas pasangan Dedi-Erwan memperoleh 65,9 persen. Disusul pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie 11,8 persen di tempat kedua.

Kemudian pasangan Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina berada di posisi ketiga dengan 5,2 persen dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja 2,9 persen. Sementara belum menentukan pilihan sebesar 14,2 persen persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jaraknya relatif cukup banyak. Ini jika Pilkadanya kurang dari 1 minggu, ini sudah diprediksi pemenangnya pilkada," kata Hanta dalam konvensi persnya.

Kemudian Hanta menjelaskan dalam simulasi empat nama tiap-tiap Cagub, Dedi Mulyadi kembali unggul dengan 65,4 persen. Disusul Ahmad Syaikhu 11,4 persen; Acep Adang 4,3 persen; Jeje Wiradinata 2,9 persen.

Sementara itu Dedi Mulyadi-Erwan juga unggul di semua pedoman aglomerasi kultural di Jawa Barat, ialah Megapolitan, Pantura, Bandung Raya, Priangan Timur dan Priangan Barat.

Wilayah Megapolitan terdiri dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok. Sementara Pantura terdiri dari Cirebon, Kota Cirebon, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta dan Subang.

Sementara Bandung Raya meliputi Bandung Bandung Barat, Kota Cimahi dan Sumedang. Lalu Priangan Timur terdiri dari Ciamis, Garut, Pangandaran, Tasikmalaya, Banjar. Priangan Barat meliputi Cianjur dan Sukabumi.

"Dedi Mulyadi unggul du area Megapolitan dengan 55,3 persen. Namun Syaikhu-Ilham berada di posisi kedua dengan 28,3 persen. Wilayah ini basisnya mesin PKS," kata Hanta.

Pilkada Jabar 2024 diikuti empat pasangan calon. Mereka ialah Acep-Gita nan dicalonkan oleh PKB; Syaikhu-Ilham dicalonkan oleh PKS, NasDem, dan PBB. Lalu Jeje-Ronal dicalonkan oleh PDI-Perjuangan

Sementara Dedi-Erwan dicalonkan oleh koalisi gendut 13 partai, ialah Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, Perindo, Hanura, Gelora, Garuda, PBB, PKN, Partai Ummat dan Partai Buruh.

Survei Poltracking ini melibatkan 1.200 responden nan tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jabar. Pelaksanaan survei pada 8-14 September dengan wawancara tatap muka menggunakan metode multistage rondom sampling.

Sebelumnya, survei Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan unggul jauh dari tiga pasangan lainnya pada Pilkada Jabar 2024.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden nan tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jabar. Pelaksanaan survei pada 2-8 September dan mempunyai toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam simulasi empat pasangan calon, Dedi Mulyadi-Erwan memperoleh 77,81 persen.

Disusul pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie 10,98 persen. Kemudian pasangan Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja masing-masing 2,24 persen.

Sedangkan responden nan menjawab tidak tahu alias tidak jawab sebanyak 6,73 persen.

Sementara itu dalam simulasi top of mind, Dedi Mulyadi juga unggul jauh dari nama-nama kandidat lainnya. Politikus Gerindra ini mendapat 40,7 persen.

Posisi kedua ada politikus Golkar Ridwan Kamil dengan 2,4 persen. RK tak maju pada Pilgub Jabar. Ia sekarang diusung Gerindra Cs sebagai bakal calon gubernur Jakarta.

Posisi ketiga ada Ahmad Syaikhu 2,2 persen; Ilham Habibie 0,9 persen; Acep Adang dan Jeje masing-masing 0,8 persen. Kemudian Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan 0,2 persen.

Nama lainnya Gitalis Dwi, Ono Surono, hingga Ronal Surapraja masing-masing 0,1 persen. Sedangkan nan tidak tahu dan tidak jawab mencapai 51,3 persen.

Kemudian pada simulasi semi terbuka delapan nama calon, Dedi Mulyadi lagi-lagi unggul. Dedi meraih 74,0 persen. Ahmad Syaikhu 10,2 persen; Acep Adang dan Jeje masing-masing 1,0 persen.

Kemudian Ilham Habibie 1,2 persen dan nama lainnya Erwan, Ronal, serta Gitalis di bawah 1 persen.

Dalam simulasi empat nama, Dedi Mulyadi kembali unggul dengan 77,3 persen. Disusul Ahmad Syaikhu 10,8 persen; Acep Adang 2,2 persen; Jeje Wiradinata 2,1 persen; dan nan tidak tahu/jawab sebanyak 7,7 persen.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional