Survei Pilkada Sumsel: Herman Deru Unggul, Disusul Heri dan Mawardi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 13:06 WIB

Dalam simulasi tiga nama, Herman Deru memperoleh 36,6 persen. Diikuti Heri Amalindo di posisi kedua dengan 23,4 persen dan Mawardi Yahya 15,2 persen. Hasil survei terbaru Indonesia Political Survey (IPS) mengenai Pilkada Sumatra Selatan 2024 mencatat bakal calon gubernur petahana, Herman Deru memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 36,6 persen. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei terbaru Indonesia Political Survey (IPS) mengenai Pilkada Sumatera Selatan 2024 mencatat bakal calon gubernur petahana, Herman Deru memperoleh elektabilitas tertinggi, unggul dari Heri Amalindo dan Mawardi Yahya.

Dalam simulasi tiga nama, Herman memperoleh 36,6 persen. Diikuti Heri di posisi kedua dengan elektabilitas 23,4 persen dan Mawardi di urutan ketiga dengan perolehan 15,2 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara, responden nan memilih tidak tahu/tidak jawab sebesar 22,8 persen.

Temuan serupa juga tercatat dalam simulasi tiga paslon. Herman Deru-Cik Ujang unggul di nomor 39,9 persen, Heri Amalindo-Popo Ali Martopo 28,7 persen, dan Mawardi Yahya-RA. Anita Noeringhati 15,6 persen.

Direktur Riset IPS Anto Nuryasin menyebut ketatnya persaingan ini tak lepas dari ketenaran nan cukup tinggi terhadap tiga tokoh tersebut.

"Popularitas Heri Amalindo 74,2 persen dan Mawardi Yahya 76 persen, sedangkan Herman Deru 84 persen," ujar Anto.

Survei ini dilakukan pada 27 Juli - 2 Agustus 2024. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden, margin of error ± 3.1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pilkada serentak 2024 bakal digelar pada November mendatang. Terdekat pendaftaran pasangan calon bakal dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

Sejauh ini, Herman Deru-Cik Ujang telah mengantongi support dari Partai Demokrat dan NasDem.

Sementara Mawardi Yahya merupakan mantan wagub Herman Deru periode 2018-2023, sedangkan Heri Amalindo adalah Bupati Pali.

(mnf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional