Survei SMRC: Anies Selalu Menang Jika Lawan RK, Kaesang dan Ahok di DKI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil survei SMRC menyatakan Anies Baswedan akan selalu menang jika head to head alias jika saling berhadapan melawan Ridwan Kamil, Kaesang Pangarep maupun Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Peneliti SMRC Deni Irvani menyebut elektabilitas Anies mencapai 42,8 persen. Sementara Ridwan Kamil hanya 34,9 persen. Responden nan tidak menjawab pada simulasi ini ada 22,3 persen.

"Persaingan dengan RK nan nyaris pasti bakal maju lewat KIM, Anies condong unggul dengan jarak delapan poin. Memang jika kita lihat survei ini dilakukan, Anies tentu punya kans cukup kuat dapat bunyi signifikan di Pilgub," kata Deni dalam konvensi pers secara daring, Minggu (18/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika simulasi melawan Ahok, Deni mengungkapkan Anies berkesempatan menang juga dalam memperebutkan bangku nomor 1 di Jakarta.

Namun, dia menjelaskan Anies unggul tipis berhadapan hanya dengan Ahok di DKI Jakarta. Anies unggul dengan elektabilitas 37,8 persen, sementara Ahok 34,3 persen. Ada 28 persen responden nan tidak menjawab.

"Undicided lebih besar, lantaran rematch Pilgubnya kaya dulu lagi. Itu jadi tetap pertimbangan banyak nan ragu-ragu jadi banyak," kata dia.

Deni juga menjelaskan Anies bakal unggul jauh ketika disimulasikan head to head melawan Kaesang Pangarep di Pilgub DKI Jakarta. Anies mendapatkan elektabilitas 46,5 persen. Sementara Kaesang hanya 15 persen dan tidak menjawab sebesar 38,5 persen.

"Selisihnya 31 persen lebuh. Kaesang kekuatan elektoralnya lebih rendah daripada dua calon tadi [RK dan Ahok] di Jakarta," kata dia.

Deni menjelaskan ada pelbagai aspek elektabilitas Anies selalu unggul. Anies, lanjutnya, tetap mempunyai ketenaran nan tinggi bagi penduduk Jakarta. Terlebih, dia berstatus sebagai mantan calon presiden nan maju di Pilpres 2024 lampau dan mantan gubernur Jakarta.

"Karena itu juga bisa jelaskan dia dapat support cukup tinggi. Ini hasil tak aneh," kata dia.

Deni juga menjelaskan Anies Baswedan condong unggul atas Ridwan Kamil pada segmen pemilih laki-laki, Gen-Z, latar pendidikan SD dan Perguruan Tinggi, Muslim, etnis Betawi, dan pekerja kerah biru.

Sementara Ridwan Kamil, lanjutnya, condong unggul di segmen golongan etnis Sunda, dan nan berprofesi Ibu Rumah Tangga.

"Persaingan sangat ketat terjadi pada golongan pemilih perempuan, generasi Boomer, pendidikan SLTA, dan pekerja kerah putih," ungkap Deni.

Survei ini dilakukan pada 8 - 12 Agustus 2024. Survei ini menggunakan metode double sampling dengan sampel sebanyak 500 responden dipilih secara random dari database sampel survei tatap muka nan telah dilakukan SMRC sebelumnya dengan jumlah proporsional menurut kabupaten/kota untuk mewakili pemilih Jakarta.

Untuk mendapatkan sampel nan proporsional dari responden nan mempunyai telpon tersebut terhadap karakter populasi Jakarta dilakukan pembobotan terhadap sampel terpilih. Margin of error survei ini diperkirakan +/-4.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Selain survei SMRC, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyatakan Anies Baswedan mengungguli Ridwan Kamil jika saling berhadapan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Indikator Politik Indonesia menyebut elektabilitas Anies mencapai 50,1 persen. Sementara Ridwan Kamil hanya 38,8 persen. Responden nan tidak menjawab ada 11,1 persen.

Anies juga unggul jika berhadapan hanya dengan Ahok di Pilgub DKI Jakarta. Anies unggul dengan elektabilitas 52 persen, sementara Ahok 42 persen. Ada 6 persen responden nan tidak menjawab. Survei Indikator Indonesia ini dilaksanakan pada 18-26 Juni 2024.

(rzr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional