Surya Paloh: Kita Terjebak Siasati UU, Ini Jadi Masalah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 25 Agu 2024 20:36 WIB

Surya Paloh menyinggung pihak nan mencoba menyiasati UU. Ia menyebut gelagat itu menjadi persoalan Indonesia hari ini. Ketum NasDem Surya Paloh menyinggung pihak nan mencoba menyiasati UU. Ia menyebut gelagat itu menjadi persoalan Indonesia hari ini. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyinggung pihak nan mencoba menyiasati perundang-undangan. Ia menyebut gelagat itu menjadi persoalan bangsa Indonesia hari ini.

"Akhirnya justru kita terjebak untuk memandang sungguh kita mulai mencoba menyiasati undang-undang. Ini nan menjadi persoalan kita," kata Paloh dalam pidatonya pada pembukaan Kongres ke-III Partai NasDem di Jakarta, Minggu (25/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hingga akhir pidatonya, Paloh tak menyebut siapa nan dia maksud dalam ucapannya tersebut. Namun, pada Rabu (21/8), DPR dan pemerintah menyepakati revisi UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016. Rapat pembahasan di tingkat I itu hanya berjalan selama lima jam.

Dalam rapat pembahasan, materi revisi UU Pilkada justru bertentangan dengan putusan MK nan dibacakan pada Selasa (20/8).

Hal itu memantik protes komponen masyarakat sipil. Pada Kamis (22/8), mahasiswa dan komponen masyarakat sipil menggelar demonstrasi di depan gedung DPR. Demonstrasi juga digelar di beragam wilayah lain.

Paloh pun menekankan pentingnya kesadaran kolektif semua pihak dalam berbangsa dan bernegara.

Dia menyatakan bangsa Indonesia kudu mempunyai kesadaran berbareng untuk bersinergi menyatukan kekuatan nan dimiliki. Menurut dia, tak ada satupun partai alias satu golongan nan bisa melangkah sendirian dalam mengatasi persoalan kebangsaan hari ini.

Hari ini, NasDem membuka kongres mereka. Acara bakal digelar selama tiga hari pada 25-27 Agustus 2024.

Pembukaan kongres NasDem turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Anies Baswedan.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional