Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mark Mehrtens Bebas dari Sandera: Proses Panjang dan Melelahkan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemilik perusahaan maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti berterima kasih pilot Philip Mark Mehrtens, nan disandera golongan bersenjata ketua Egianus Kogoya telah dibebaskan.

“Proses nan panjang dan melelahkan untuk semua tim. Namun lantaran soliditas nan tinggi antara TNI Polri juga tokoh masyarakat nan terus bekerja sama mengupayakan pembebasan Capt. Philip Mehrtens, akhirnya dapat sukses bebas,” tulis Susi dalam unggahannya di Instagram, Sabtu, 21 September 2024.

Sementara dalam unggahan video Susi, tampak Philip berbareng tiga orang lainnya di dalam satu rumah sedang duduk. Ia mengatakan tetap sehat dan dijaga oleh warga.

“Pemerintah Selandia Baru telah membantu mengurus arsip jadi saya bisa pulang sigap juga. Orang di sini bilang susah dapat makanan, jadi tolong dibantu diberikan makanan. Supaya saya bisa sigap pulang dan berjumpa family saya lagi,” kata Philip.

Satgas Ops Paro dan Damai Cartenz pun mengirimkan bahan makanan kepada para penduduk nan menahan pilot berwarganegara Selandia Baru itu di Kampung Yuguru, Nduga.

Warga Kampung Yuguru juga mengadakan upacara budaya bakar batu untuk membebaskan pilot Susi Air itu. Terlihat para penduduk dan Philip duduk mengikuti berlangsungnya upacara.

Iklan

Di sisi lain, Juru Bicara Markas Pusat TPNPB OPM Sebby Sambom mengatakan golongan Egianus Kogoya berkhianat terhadap perjuangan Papua dan tunduk pada TNI-Polri. Padahal, kata Sebby, Egianus dan TPNPB OPM sudah menyepakati agar segera mengirimkan proposal ke Selandia Baru dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membebaskan Pilot Philip secara damai, bukan melalui Indonesia.

“Kami berprasangka mereka terima duit suap dari Indonesia, kami belum bisa buktikan tapi tak ada maaf bagi mereka di tanah Papua ini. Sebelum merdeka alias setelah merdeka tak ada maaf bagi pengkhianat perjuangan kami. Satu komando berkhianat tak ada masalah, kami tetap punya banyak komando untuk terus berjuang dalam kemerdekaan Papua,” kata Sebby kepada saat dihubungi via aplikasi perpesanan, Sabtu.

Sebelumnya, Susi mengatakan Philip bakal kembali bekerja sebagai pilot Susi Air. Namun, ujarnya, pihaknya bakal menunggu Philip selesai proses pemulihan. “Tunggu masa recovery," ucapnya.

Novali Panji Nugroho berkontribusi dalam penulisan tulisan ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis