Tabung Gas LPG 12 Kg Meledak di Cengkareng Jakbar, 2 Rumah Hancur

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 01 Agu 2024 12:52 WIB

Sebuah ledakan nan berasal dari tabung gas LPG 12 kg terjadi di Perumahan Taman Kencana, Cengkareng, Jakarta Barat. Ilustrasi ledakan gas LPG di Jakarta Barat. (Istockphoto/ RamonCast)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah ledakan nan berasal dari tabung gas LPG 12 kg terjadi di Perumahan Taman Kencana, Jalan Kaliandra Blok C7, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (1/8) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang mengatakan penduduk sekitar nan mendengar bunyi ledakan itu langsung menuju ke letak untuk melakukan pengecekan.

"Saksi mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) kemudian membantu mengevakuasi pemilik rumah untuk keluar dari TKP," kata Hasoloan kepada wartawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disampaikan Hasoloan, pihaknya juga langsung turun ke letak untuk melakukan pengecekan. Personel dari Detasemen Gegana Polri dan tim Puslabfor Mabes Polri, serta lembaga pemerintahan lain juga diterjunkan ke lokasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Hasoloan, sumber ledakan diduga berasal dari tabung gas LPG 12 kg nan ada di lokasi.

"Dugaan kuat dari bocornya gas dari tabung elpiji 12 kilogram, nah saat ini tim dari Puslabfor sedang bekerja untuk mendetailkan apa penyebab utamanya," ujarnya.

Hasoloan memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, peristiwa itu menyebabkan tiga orang mengalami luka-luka.

"Untuk korban jiwa nihil, untuk korban luka ada tiga orang nan seluruhnya sudah dievakuasi dan dalam penanganan tenaga medis di rumah sakit.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengungkapkan kejadian itu juga menyebabkan dua rumah hancur dan belasan gedung lainnya terdampak.

"Mengakibatkan dua gedung rumah hancur dan sekitar sepuluh rumah dan satu musholla terdampak ledakan tersebut," tutur dia.

Lebih lanjut, Ade Ary turut mengimbau kepada penduduk untuk selalu memastikan kondisi tabung gas LPG dan kelengkapannya dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar.

"Kemudian juga menggunakan regulator berlogo SNI dan pastikan klem terpasang erat pada kedua ujung selang," ujarnya.

(dis/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional