Tak Lanjutkan Sisa Kepemimpinan Arsjad Rasjid hingga 2026, Anindya Bakrie jadi Ketua Umum Kadin Periode 2024-2029

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Peserta Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memilih pengusaha Anindya Novyan Bakrie sebagai Ketua Umum menggantikan Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid. Anindya Bakrie alias Anin bakal menjabat sebagai pucuk ketua Kadin periode 2024-2029. 

“Menetapkan masa hormat keputusan Munaslub adalah periode 2024-2029,” kata Ketua Sidang dalam Munaslub Kadin 2024 Nurdin Halid di Hotel St Regis, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September 2024. 

Hasil Munaslub ini otomatis mendongkel posisi Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid nan sebelumnya menjadi Ketua Umum Kadin periode 2021-2026. Arsjad ketika itu juga terpilih sebagai Ketua Umum Kadin setelah mengalahkan Anin di Munas VIII di Kendari, Sulawesi Selatan, pada Juni 2021.  

Putra dari konglomerat Aburizal Bakrie itu berambisi keputusan dalam Munaslub ini bisa membikin hubungan Kadin dengan pemerintah semakin baik. “Hari ini bukanlah hari nan spesial buat saya, tapi juga spesial untuk mudah-mudahan ekonomi Indonesia,” ucap Anindya Bakrie usai aktivitas itu kepada awak media. 

Desakan untuk menggelar Munaslub bermulai ketika asosiasi dari tiap provinsi ini mendatangi Kantor Kadin Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan, sehari sebelumnya alias pada Jumat, 13 September 2024. 

Ketua Kadin dari beragam provinsi itu tiba di Kantor Kadin Indonesia sekitar pukul 14.00 secara bersamaan. Berpakaian kemeja Kadin berwarna putih, para pengurus wilayah ini langsung naik ke lantai 29, letak penyerahan permintaan Munaslub ini segera digelar. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Erwin Aksa dan personil majelis pertimbangan menerima usulan itu secara langsung. 

Iklan

Ketua Kadin dari Bangka Belitung, Thomas Jusman, mengatakan para petinggi asosiasinya di beragam wilayah mengusulkan digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) lantaran untuk kebaikan para pengusaha. Dia menyebut Kadin Indonesia kudu netral dan konsisten menjadi mitra pemerintah. 

“Munaslub nan kami usulkan merupakan jalan terbaik bagi kita berbareng dan tentunya untuk suasana bumi usaha, di mana Kadin adalah tempat berkumpulnya para pengusaha nan netral dan konsisten sebagai mitra strategis pemerintah nan kudu sejalan dengan pemerintah,” kata Thomas saat menyampaikan pidato di Kantor Kadin Indonesia, Jakarta Selatan, pada Jumat, 13 September 2024. 

Selain itu, Thomas menyatakan Munaslub ini juga demi pertumbuhan ekonomi dan tata kelola pemerintahan. “Demi pertumbuhan ekonomi, tata laksana pemerintahan serta demi kebermanfaat dan keberlanjut, kemajuan wilayah dan negara,” kata dia.

Pilihan Editor: Sebelum Munaslub, Bamsoet Pernah Sebut Anindya Bakrie Calon Ketua Kadin: Bahlil Aja Bisa

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis