Tak Sampai Satu Jam Kaesang Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 14:14 WIB

Kaesang mendatangi KPK untuk menjelaskan dugaan gratifikasi jet pribadi nan ramai disorot publik. Proses penjelasan ini melangkah singkat. Ketua Umum PSI sekaligus anak dari Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mendatangi markas KPK untuk penjelasan mengenai dugaan gratifikasi jet pribadi, Selasa (17/9). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Gedung Lama KPK di Kuningan, Jakarta Selatan (17/9).

Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo menyebut Putra Bungsu Presiden Joko Widodo itu berbareng rombongan datang sekitar pukul 10.30 WIB.

Selain untuk klarifikasi, Kaesang juga berkonsultasi dengan lembaga antirasuah mengenai dengan dugaan gratifikasi jet pribadi nan dituduhkan kepadanya saat berjalan ke Amerika Serikat (AS) Agustus lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Konsultasi, kemudian diarahkan untuk mengisi formulir, blangko gratifikasinya. Nanti biar KPK yang bakal menentukan apakah itu termasuk gratifikasi alias tidak," kata Francine.

Setelah penjelasan dan konsultasi itu, Kaesang keluar gedung lama KPK sekitar pukul 11.20 WIB. Ia didampingi Francine, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Dengan demikian, tak sampai satu jam penjelasan dan konsultasi nan dilakukan Kaesang ke personil KPK itu.

Adapun Kaesang menyebut dia datang ke KPK untuk menjelaskan perihal dugaan gratifikasi pesawat jet nan dituduhkan kepadanya. Ia menyatakan pesawat nan dia tumpangi berbareng Istrinya, Erina Gudono itu milik temannya.

"Tadi saya juga di dalam menjelaskan mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, nan numpang alias bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya kawan saya," kata Kaesang.

Kaesang menyebut klarifikasinya hanya seputar itu dan tidak ada perihal lain. Namun untuk lebih jelasnya, dia meminta agar awak media langsung menanyakan kepada KPK.

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga menegaskan kedatangannya itu sebagai penduduk negara nan baik. Sebab dirinya bukan penyelenggara negara alias pejabat.

"Saya datang ke sini bukan lantaran undangan, bukan lantaran panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," ujarnya.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional