Tak Semua Menteri Hadiri Upacara di IKN, Ini Kata Mensesneg Pratikno

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi memutuskan Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara alias IKN pada 17 Agustus 2024. Namun lantaran keterbatasan sarana dan prasarana serta agenda lain, jumlah undangan sangat dibatasi dan tidak semua menteri bakal datang di sana.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa tidak semua menteri Kabinet Indonesia Maju bakal mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

"'Kan kudu disesuaikan dengan komposisi kesiapan prasarana dan pengalaman selama ini, menteri itu tidak semua juga di Istana," kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2024.

Ia mengatakan bahwa ada menteri nan memang mengikuti Upacara 17 Agustus di wilayah lain alias wilayah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T).

"'Kan ada menteri nan di daerah, di wilayah pinggiran. Jadi, kelak kami tetap terus konfirmasi juga menteri-menteri nan menjadi pengawas upacara di daerah-daerah pinggiran," ujar Pratikno.

Ia mencontohkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian nan pada Upacara 17 Agustus 2023 menjadi pengawas upacara di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri).

"Selama ini memang kami dukung lantaran untuk memeriahkan HUT RI di daerah-daerah pinggiran. Misalnya, Pak Mendagri selama ini 'kan jauh-jauh dan lain-lain ya, menteri-menteri lain," katanya.

Secara teknis, kata dia, untuk undangan para menteri nan bakal mengikuti Upacara 17 Agustus di IKN berada di bawah koordinasi Sekretariat Kabinet.

"Pak Seskab nan undang, bukan Setneg," ucap Pratikno.

Ia pun mengungkapkan bahwa banyak pihak nan mau mengikuti Upacara 17 Agustus di IKN melalui surat nan dikirim ke Setneg.

"Banyak sekali nan minat ke IKN, banyak sekali. Kami tuh di Setneg menerima banyak surat. Permintaan untuk ikut upacara di IKN. Itu mulai surat resmi sampai surat informal. Banyak banget, dari organisasi-organisasi sosial keagamaan," katanya.

Iklan

Upacara Pengibaran Merah Putih Hanya di IKN

Pemerintah merencanakan seremoni HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024, di dua tempat Ibu Kota Nusantara atau IKN dan Jakarta. Namun upacara pengibaran bendera Merah Putih hanya bakal dilaksanakan di IKN.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan tata upacara militer berada di IKN, dimulai pukul 11 WITA, dengan menyesuaikan waktu Jakarta pukul 10.00 WIB. Penjabat Gubernur DKI itu mengatakan aktivitas di Jakarta bakal mengikuti IKN.

“Di Istana Jakarta adalah tambahan intermezo jadi kelak dikombinasikan teman-teman bisa memandang di media, di Jakarta dengan IKN tetap menyambung,” kata Heru di  Gedung Kementerian Sekretariat Negara pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Keterangan dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) pada Jumat, 2 Agustus 2024, memastikan bahwa tidak ada penambahan jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka alias Paskibraka untuk Jakarta. Sebab tata upacara militer hanya digelar di IKN.

Wakil Ketua BPIP Rima Agristina pada 15 Juli 2024, memastikan kepada Tempo bahwa pihaknya sudah menentukan 76 nama personil Paskibraka Pusat 2024 untuk HUT RI ke-79. Seperti tahun-tahun sebelumnya susunan Paskibraka 17- 8 - 45. 17 untuk Pengiring/Pemandu, 8 untuk Pembawa Bendera/Inti, dan 45 untuk Pengawal.

“Pasukan berangkat ke IKN 9-10 Agustus. Gladi di IKN dimulai sekitar tanggal 12 Agustus 2024,” kata Rima melalui keterangan tertulis.

ANTARA | DANIEL A FAJRIE

Pilihan Editor Jokowi Ingatkan Prabowo Dampak Perlambatan Ekonomi Global dalam Menyusun RAPBN 2025

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis