Tanggapi Reshuffle Kabinet, Zulhas: Hak Prerogatif Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan namalain Zulhas menanggapi rumor reshuffle kabinet oleh Presiden Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Zulhas menyebut perombakan kabinet itu merupakan kewenangan prerogatif presiden.

"Reshuffle itu haknya Presiden, kan beliau punya kewenangan prerogatif," kata Zulhas di instansi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Zulhas menyerahkan sepenuhnya reshuffle kabinet kepada Jokowi, termasuk penentuan menteri baru maupun agenda reshuffle. Dia menyebut reshuffle bisa digelar pada 19 alias 20 Agustus mendatang. 

"Terserah kepada Presiden mau reshuffle tanggal 19, tanggal 20, kewenangan beliau ya, kewenangan prerogatif Presiden," tuturnya.

Jokowi disebut bakal reshuffle kabinet menteri pekan ini. Sejumlah narasumber dari petinggi partai pendukung Koalisi Indonesia Maju, pejabat di lingkaran Istana dan orang dekat Istana menyampaikan info ini kepada Tempo. Berita itu juga diwartakan dalam Koran Tempo jenis Selasa, 13 Agustus 2024.

Politikus Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dikabarkan bakal dikeluarkan dari kabinet. Mereka adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Yasonna disebut bakal diganti oleh Supratman Andi Agtas, politikus Partai Gerindra. Ia adalah personil Dewan Perwakilan Rakyat periode 2019-2024. Ia baru digantikan, Wihadi Wiyanto, kolega dari Partai Gerindra, dari posisi Ketua Badan Legislasi DPR pada Selasa lalu.

Calon pengganti Siti Nurbaya adalah Raja Juli Antoni, sekarang Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. Raja Juli adalah personil Mahkamah Partai Solidaritas Indonesia. PSI dipimpin Kaesang Pangarep - putra bungsu Jokowi.

Iklan

Satu posisi menteri bakal bergeser. Bahlil Lahadalia disebut bakal menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Arifin Tasrif. Kursi Bahlil sebagai Menteri Investasi bakal digantikan oleh Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dalam pilpres 2024.

Seorang pengurus Partai Gerindra juga mendengar berita bakal ada reshuffle dalam waktu dekat. "Kabarnya bakal digelar 15 Agustus ini," ucapnya, kemarin.

Presiden Jokowi tidak membantah berita mengenai rencana reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Jokowi mengatakan bakal mengocok ulang komposisi menteri selama diperlukan.

Ketika ditanya oleh awak media apakah memerlukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat, Jokowi hanya tertawa.

“Ya jika diperlukan. Kalau diperlukan. Saya kan sudah ngomong dari dulu, jika diperlukan. Saya tetap punya kewenangan prerogatif itu,” kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Selasa, 13 Agustus 2024, dikutip dari audio nan diterima Tempo.

Isu pergantian komposisi Kabinet Indonesia Maju ini muncul lagi menjelang akhir kedudukan Presiden Jokowi. Pada 18 Juli 2024, Jokowi mengganti susunan wakil menteri dengan menunjuk dua orang dekat Presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono dan Sudaryono.

Daniel A. Fajri ikut berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis