Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Mulai Rp 500 hingga Rp 1.500 per Hari Ini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Tarif Tol Dalam Kota Jakarta resmi naik hari ini, Ahad, 22 September 2024. Ruas tol tersebut meliputi ruas Cawang-Tomang-Pluit nan dikeola Jasa Marga, serta Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit nan dikelola Citra Marga Nusaphala Persada  (CMNP)

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menyebut kenaikan tarif ini sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 2130/KPTS/M/2024 tanggal 22 Agustus 2024.

Widiyatmiko juga mengatakan pertimbangan dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berasas pengaruh laju inflasi. Hal ini, kata dia, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2021 tentang Jalan Tol.

Adapun kenaikan tarif tol ruas dalam Kota Jakarta per hari ini naik Rp 500 hingga Rp 1.500 per golongan. Berikut rinciannya:

- Kendaraan golongan I nan semula Rp 10.500 sekarang menjadi Rp 11.000 (naik Rp 500)

- Kendaraan golongan II dan III nan semula Rp 15.500, sekarang menjadi Rp 16.500 (naik Rp 1.000)

Iklan

- Kendaraan golongan IV dan V nan semula Rp 17.500, sekarang menjadi Rp 19.000 (naik Rp 1.500)

“Penyesuaian tarif  juga diperlukan sebagai bentuk kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol sesuai business plan, membangun dan menjaga suasana investasi jalan tol di Indonesia nan kondusif, serta menjaga dan meningkatkan level of services jalan tol,” kata Widiyatmiko melalui keterangan resmi.

Menurutnya, jalan tol dalam kota berkedudukan krusial dalam mendukung pertumbuhan Jakarta sebagai pusat pemerintahan, bisnis, dan hiburan. Jalan bebas hambaran in juga menjadi sarana mobilitas orang dan peralatan nan semakin meningkat.

Selain itu, tol dalam Kota Jakarta merupakan jalur VIP lantaran menjadi jalur lampau lintas bagi tamu negara, presiden, kementerian, dan pemerintahan lainnya dalam melaksanakan perjalanan dinas.

“Tol dalam Kota Jakarta juga menjadi  jalur pengganti menuju dan dari wilayah pusat perkantoran, pusat intermezo dan menjadi jalur logistik menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Priok serta Bandara Soekarno-Hatta,” kata Widiyatmiko.

Pilihan Editor: Tarif Jalan Tol Dalam Kota Naik Hari Ini, Jasa Marga: Peningkatan Pelayanan Sudah Dilakukan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis