Teka-teki Mister S dan Nasib Buntung Anies di Pilkada Jakarta 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 10 Agu 2024 12:17 WIB

Pergeseran kekuatan KIM plus dukung RK, mulai menggerus kans Anies Baswedan, bacalon gubernur nan pertama kali mendeklarasikan diri di Pilgub DKI 2024. Nasib Anies Baswedan terancam di Pilgub Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Peta Pilkada DKI Jakarta 2024 terus bergeser. Hari ini, sosok inisial S muncul sebagai calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil. Di saat nan sama, support untuk Ridwan Kamil terus menguat. Pergeseran kekuatan itu mulai menggerus kans Anies Baswedan, bakal calon gubernur nan pertama kali mendeklarasikan diri.

Kemunculan nama "Mister S" ini berasal dari pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Dia menyebut sudah ada calon wakil gubernur untuk RK.

"Sudah ada. Sementara inisialnya S," ungkap Airlangga di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia sempat ditanya apakah nan dimaksud adalah Akhmad Syaikhu alias Sohibul Iman dari PKS. Airlangga menjawab, "None of the above."

KIM Plus ancam nasib Anies

Mister S melengkapi persiapan Ridwan Kamil menuju Jakarta. RK sebelumnya semakin mantap menjadi cagub DKI Jakarta usai wacana pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Partai-partai pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 kembali berkoalisi di Pilgub DKI Jakarta 2024. Mereka juga berencana merekrut partai-partai lain, seperti PKS, PKB, dan Partai NasDem.

Tiga partai itu pun telah menunjukkan kesukaan terhadap wacana KIM Plus. PKB lewat Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid berbicara tetap mengkaji ulang support pengurus di Jakarta terhadap Anies.

Lalu Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan support untuk Anies baru di tahap lisan. Begitu pula PKS nan memberi sinyal menarik support dari Anies.

"Karena baru dapat SK usungan dari PKS, Anies dan Shohibul Imam (AMAN) kemungkinan kandas jadi Cagub/Cawagub DKJ," kata Juru Bicara PKS Zainudin Paru lewat keterangan tertulis, Jumat (9/8).

Dia menambahkan, "Kemungkinan dalam waktu satu dua hari ke depan sudah ada kepastian calon Gubernur DKJ nan bakal diusung oleh PKS."

Anies menanggapi santuy pernyataan PKS bakal hengkang dari kubunya. Dia mengaku belum mendengar berita tersebut.

"Alhamdulillah secara resmi kita belum mendengar apa-apa," ucap Anies di Jakarta Barat, Jumat (9/8).

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional