Telkomsel Konsisten Terapkan ESG melalui Kegiatan Public Clean-Up dan Gladian PANJI TERRA

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Selaras dengan semangat untuk memberi akibat positif dan menjalankan upaya nan berkepanjangan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Telkomsel mengadakan dua aktivitas krusial di Maros, Sulawesi Selatan, pada 24 s/d 25 Agustus 2024. Kegiatan tersebut adalah pembersihan lingkungan (Public Clean-Up) dalam program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management'dan training tanggap musibah Gladian PANJI Relawan dalam program Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA). Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel nan bermaksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pelestarian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana.

Program Public Clean-Up difokuskan pada pembersihan lingkungan di sepanjang sungai hingga dermaga di Dusun Ramang Ramang. Sebagai bagian dari Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, aktivitas ini tidak hanya berfokus pada pembersihan area tetapi juga mengedukasi masyarakat mengenai pemilahan dan daur ulang sampah, terutama nan berbahan dasar plastik. Telkomsel melibatkan beragam pemangku kepentingan, termasuk organisasi mahasiswa pecinta alam, organisasi anak sungai, masyarakat setempat, serta tenaga kerja Telkomsel nan berperan-serta melalui Employee Volunteering Program (EVP). Kegiatan serupa juga direncanakan bakal dilaksanakan di Bengkulu dan Jawa Barat dalam waktu dekat.

Sementara itu, program Gladian PANJI Relawan TERRA dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana. Program ini memberdayakan mahasiswa dan pemuda dari organisasi pecinta alam serta organisasi peduli musibah sebagai pemasok perubahan. Peserta diberikan materi krusial mengenai kebencanaan, seperti pemetaan risiko, alokasi sumber daya, notifikasi dini, jaringan pemindahan aman, dan integrasi penanganan darurat (PANJI). Mereka juga diajak mengawasi potensi musibah di sekitar dan memahami pentingnya menjaga kelestarian alam, terutama di wilayah UNESCO Global Geopark Maros - Pangkep nan dinobatkan sebagai area karst terbesar dan terindah kedua di bumi pada 2023. Sebelumnya, training offline telah dilakukan di Jawa Timur dengan pendampingan online selama dua bulan.

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, “Telkomsel selalu terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk memberikan akibat positif, terutama dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan nan selaras dengan proses upaya perusahaan nan mengedepankan prinsip ESG. Komitmen kami adalah menghadirkan penemuan nan tidak hanya berfaedah bagi pelanggan, tetapi juga mendukung terciptanya kehidupan nan lebih baik bagi masyarakat luas. Kami memastikan bahwa visi Telkomsel untuk menjadi penyedia jasa telekomunikasi digital terdepan nan memberdayakan masyarakat Indonesia diwujudkan dengan tindakan nyata nan berkelanjutan.”

Iklan

Inisiatif Telkomsel Jaga Bumi adalah corak nyata dari komitmen Telkomsel dalam menciptakan akibat positif terhadap lingkungan, sesuai dengan prinsip ESG nan diterapkan dalam setiap aspek upaya perusahaan. Melalui inisiatif ini, Telkomsel mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkepanjangan nan dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dalam visi Indonesia Emas 2045. Dalam program Telkomsel Jaga Bumi Waste Management, perusahaan konsentrasi pada pengelolaan limbah dan daur ulang sampah plastik berbobot rendah, seperti limbah kartu SIM jejak nan diolah menjadi produk berbobot tambah seperti phone holder, paving block, dan trash bin.

“Telkomsel tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga pada misi untuk menciptakan hari nan lebih baik dan masa depan gemilang dengan menyediakan konektivitas, solusi, dan jasa inovatif untuk semua orang, setiap rumah, dan aktivitas upaya di seluruh Indonesia. Inisiatif mengenai sustainability seperti Telkomsel Jaga Bumi dan Gladian PANJI TERRA adalah bagian dari upaya kami untuk mewujudkan misi ini, dengan memastikan bahwa teknologi dan penemuan nan kami hadirkan turut mendukung kelestarian alam lingkungan dan keberlangsungan hidup masyarakat. Melalui kerjasama dengan beragam pemangku kepentingan, kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat maju serentak memberikan akibat nyata,” kata Saki.

Untuk info lebih lanjut mengenai inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, kunjungi laman tsel.id/jagabumi.

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis