Tepis Isu PHK Massal, Shopee Indonesia: Relokasi Sejumlah Karyawan ke Yogyakarta dan Solo

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Shopee Indonesia menepis rumor nan beredar di media sosial X bahwa perusahaan lokal pasar tersebut bakal melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan perusahaannya tidak melakukan PHK, melainkan relokasi tenaga kerja untuk posisi customer service ke Solo dan Yogyakarta. “Sebagian personil tim bersedia untuk direlokasi,” kata Radynal melalui keterangan tertulis nan diterima Tempo, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Atas kebijakan relokasi tersebut, Radynal mengatakan ada sejumlah tenaga kerja nan enggan dipindahkan ke dua kota tersebut. Namun dia tidak merinci berapa jumlahnya. Kendati demikian, kata dia, tenaga kerja nan menolak pindah tersebut tidak di-PHK, tetapi memilih mengundurkan diri.

“Bagi personil tim lainnya nan tidak melanjutkan relokasi, kami memastikan mereka bakal mendapatkan support sesuai kewenangan dan peraturan pemerintah nan berlaku, serta akomodasi pendukung lainnya seperti asuransi hingga 3 bulan mendatang,” katanya.

Radynal menjelaskan pemindahan tenaga kerja ke Yogjakarta dan Solo sudah menjadi program Shopee dalam satu tahun terakhir. Hal itu didasari oleh kesiapan akomodasi dan perkembangan sumber daya manusia di kota tersebut. Dia menyatakan kebijakan itu adalah upaya Shopee dalam menciptakan pemerataan lapangan pekerjaan.

Iklan

“Dengan adanya instansi operasional nan tersebar di beberapa wilayah, Shopee berambisi dapat ikut menciptakan ekosistem pengembangan talenta digital, sekaligus menghadirkan kesempatan lapangan pekerjaan di daerah,” katanya.

Pemindahan tenaga kerja Shopee ke Yogjakarta dan Solo disebut-sebut sebagai upaya mengurangi pengeluaran perusahaan untuk penghasilan karyawan. Terkait perihal ini, Tempo melayangkan pertanyaan tertulis kepada Corporate Affairs Media Relations Shopee Indonesia, Pascalis Iswari. Namun hingga buletin ini dimuat, dia belum memberikan tanggapan.

Pilihan Editor: Biaya Admin Seller Shopee Diperbaharui Mulai 1 September 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis