Terkini Bisnis: Harga Tanah di Sekitar Rumah Pensiun Jokowi, Profil Menkominfo Budi Arie

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan upaya hingga Selasa siang, 2 Juli 2024 dimulai dengan info harga tanah di Colomadu Karanganyar, Jawa Tengah, tempat dibangunnya rumah pensiun Presiden Joko Widodo namalain Jokowi.

Kemudian info mengenai rencana unjuk rasa nan bakal dilakukan ribuan buruh di depan Istana Negara, besok. Mereka menyiapkan 7 tuntutan.

Selain itu buletin tentang Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie nan banyak mendapat sorotan akhir-akhir ini. Berikut adalah ringkasan dari ketiga buletin tersebut:

1. Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun, Cek Harga Tanah di Sekitarnya

Rumah pensiun Jokowi di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai dibangun, ditandai dengan peletakan batu pertama pada Senin, 1 Juli 2024.

Rumah jatah Jokowi dari negara setelah dia pensiun dari kedudukan Presiden itu dibangun di atas lahan seluas 12.000 m2. Beberapa hari sebelumnya, lahan jejak sawah itu dibersihkan untuk selanjutnya dilakukan proses pembangunan.

Camat Colomadu Dwi Susilo Adi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mengatakan peletakan batu pertama dilakukan secara tertutup.

Baca buletin selengkapnya di sini.

2. Ribuan Buruh Akan Demo di Depan Istana Besok, Siapkan 7 Tuntutan

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan bakal berunjuk rasa pada Rabu, 3 Juli 2024. Unjuk rasa ini merespons beragam kasus mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja di sejumlah industri tekstil.

Iklan

“Selain di industri tekstil, pekerja di industri kurir dan logistik juga terancam PHK besar-besaran,” kata Said dalam keterangan tertulis, pada Selasa, 2 Juli 2025. Menurut dia, PHK ini dipicu dengan adanya kebijakan baru dari Kementerian Perdagangan berisi Peraturan Menteri Perdagangan tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia itu menyatakan, ribuan pekerja nan tergabung dalam Partai Buruh dan KSPI bakal menggelar tindakan di depan Istana Negara. Setelah itu demonstrasi pekerja dilanjutkan ke Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada siang harinya.

Baca buletin selengkapnya di sini.

3. Budi Arie: Aktivis Mahasiswa UI, Wartawan sampai Jadi Orang Dekat Jokowi Gara-gara Projo

Menkominfo Nama Budi Arie banyak mendapat sorotan akhir-akhir ini. Hal itu lantaran maraknya gambling online dan kemudian peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 nan menyebabkan ratusan kementerian dan lembaga negara kehilangan info mereka. Terparah adalah Imigrasi nan tidak bisa melayani penduduk selama beberapa hari sejak serangan 24 Juni 2024.

Ketika Kementerian Kominfo sedang sibuk memberantas ribuan situs gambling online, tiba-tiba ada serangan siber ke PDNS 2 nan berpusat di Surabaya. Tak kurang dari 282 lembaga nan terimbas kejadian ini.

Ada 44 lembaga nan siap untuk melakukan pemulihan data, sementara sisanya tetap dalam proses. Namun baru lima lembaga telah melayani kembali masyarakat setelah melakukan migrasi data.

Baca buletin selengkapnya di sini.

Pilihan Editor: Jokowi Sebut Berinvestasi di IKN sama dengan Membeli Masa Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis