Terobosan Pemkab Sumedang Atasi Kemiskinan hingga Pengangguran

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang sukses menjalankan beragam terobosan guna mengatasi persoalan kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengangguran.

Ketiga perihal tersebut merupakan parameter krusial dari keberhasilan keahlian pemerintah wilayah nan berakibat bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Berbagai upaya untuk menekan nomor pengangguran dan kemiskinan di Sumedang di antaranya adalah ekspansi kesempatan kerja dan pengembangan kewirausahaan, serta pengurangan beban pengeluaran dan peningkatan pendapatan family miskin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara untuk percepatan penurunan stunting dan pengentasan kemiskinan, Pemkab Sumedang mempunyai program berjulukan Gerakan Bersama Lawan Kemiskinan dan Stunting dengan memberikan support makanan hingga pembuatan sanitasi nan layak, dikutip dari Sumedangkab.

Berkat keberhasilannya tersebut, Pemkab Sumedang diakui sebagai kabupaten dengan hasil pertimbangan penyelenggaraan wilayah terbaik se-Jawa Barat dan menempati ranking ke-5 dari 416 kabupaten se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai corak apresiasi atas keahlian seluruh jejeran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sumedang dalam penyelenggaraan pemerintah wilayah nan konsentrasi pada penurunan nomor kemiskinan ekstrem, stunting, dan pengangguran.


Profil Kabupaten Sumedang

Sumedang adalah kabupaten di Jawa Barat nan dinominasikan dalam CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan keenam nan digelar CNN Indonesia ini bakal berjalan pada Selasa (17/9) di Bandung.

Kabupaten Sumedang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia nan terkenal dengan julukan "Kota Tahu" lantaran makanan khasnya ialah tahu Sumedang.

Sumedang juga menawarkan perpaduan unik antara warisan budaya, kuliner khas, dan potensi alamnya nan menakjubkan.

Kabupaten Sumedang terdiri atas 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 270 desa. Sumedang, ibu kota kabupaten ini, terletak sekitar 45 km dari Kota Bandung. Kota ini meliputi kecamatan Sumedang Utara dan Sumedang Selatan nan dilintasi jalur utama ialah Bandung - Cirebon.

Sektor ekonomi utama Kabupaten Sumedang ialah pertanian, industri pengolahan, pariwisata, dan perdagangan.

Sejauh ini, Kabupaten Sumedang terus mengembangkan beragam potensinya di sektor pariwisata, peningkatan produksi pertanian dan industri pengolahan, serta pengembangan area pendidikan di Jatinangor.

Kabupaten Sumedang juga terus berkomitmen dengan mempertahankan kearifan lokal sembari membuka diri terhadap kemajuan.

Dengan kekayaan budaya, kuliner, dan alamnya, Sumedang menjadi salah satu kabupaten nan menarik di Jawa Barat.

(avd/fef)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional