Terpopuler Bisnis: Teten Masduki Protes Aturan Ekspor yang Sulit dibanding Impor, Masa Sanggah CPNS Berakhir Hari Ini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan upaya sepanjang Sabtu, 21 September 2024 dimulai dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan tengah mencari solusi membikin kebijakan melindungi pasar Indonesia dari serbuan produk luar negeri.

Kemudian info mengenai Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Nirwala Dwi Heriyanto beberkan argumen di kembali pembongkaran koper milik WNI nan baru pulang dari luar negeri.

Selain itu buletin tentang Restoran Sec Bowl bagian Kuningan tutup secara permanen mulai 18 September 2024. 

Informasi nan banyak dibaca lainnya adalah masa sanggah CPNS 2024. Berikut adalah ringkasan berita-beritanya:

1. Teten Masduki Protes Aturan Impor Terlalu Longgar Dibanding Ekspor: Kirim Pisang ke Luar Negeri Butuh 21 Sertifikat

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan tengah mencari solusi membikin kebijakan melindungi pasar Indonesia dari serbuan produk luar negeri. Upaya ini demi melindungi produk upaya mikro mini dan menengah (UMKM) dalam negeri dari serbuan produk luar negeri nan mudah masuk.

"Sehingga standardisasi dalam negeri itu bisa menjadi satu kebijakan melindungi UMKM kita agar tidak diserbu oleh produk luar nan mudah masuk," kata Teten, seusai rapat berbareng Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar, di Kementerian Koperasi, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 20 September 2024.

Teten menjelaskan perihal lain nan dibahas mengenai kebijakan memudahkan produk UMKM masuk ke luar negeri. Dia mencontohkan kesulitan produk UMKM menjangkau pasar luar negeri. Misalnya, produk pisang mau dikirim ke luar memerlukan 21 sertifikat. Selain itu setiap enam bulan kudu ada penyesuaian 3 sertifikat.

Baca buletin selengkapnya di sini.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis