The Indonesian Institute Pertanyakan Urgensi Pemerintah Sewa Seribu Mobil untuk HUT Kemerdekaan RI di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti bagian politik The Indonesian Institute (TII) Center For Public Policy Research, Felia Primaresti, menyoroti langkah pemerintah nan menyewa seribu mobil untuk kebutuhan pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP) pada seremoni HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ia mempertanyakan dua perihal mengenai urgensi dari penyewaan tersebut.

"Ada beberapa poin nan sebenarnya perlu dijadikan perhatian kita bersama. Pertama, kajian kebutuhan apakah seribu mobil ini memang diperlukan?," kata Felia berasas siaran pers nan diterima, Selasa, 6 Agustus 2024.

Perihal poin pertama, kata Felia, seribu mobil nan disewa tersebut kemungkinan bakal menganggu mobilitas masyarakat umum. Seribu mobil ini juga bakal menimbulkan polusi.

Ia merekomendasikan pilihan lain nan lebih baik daripada penyewaan tersebut. Pemerintah bisa menggunakan bus nan layak dan nyaman untuk para pejabat. Pilihan lain adalah setiap mobil dapat memuat dua hingga tiga orang pejabat. 

Kedua, Felia mempertanyakan apakah proses pengadaan kendaraan sewaan dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Di sini peran pengawasan DPR, BPK, apalagi KPK juga kudu didorong,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga menyebut inkonsistensi pernyataan pemerintah mengenai IKN. “Kemarin Presiden Jokowi sendiri menyampaikan bahwa IKN belum siap dan pemerintah tidak bakal buru-buru untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI di sana,".

Sebaiknya, Felia meneruskan, pemerintah jangan memaksakan kemauan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI di IKN andaikan infrastrukturnya belum siap. Pelaksanaan perayaaan tersebut hanya berujung pada pemborosan anggaran dan pencemaran lingkungan.

Ia mengatakan jika seremoni HUT Kemerdekaan RI tetap kudu dirayakan di IKN, kudu dipastikan penggunaan anggaran nan efisien. Proses pengadaan, termasuk sewa kendaraan, kudu dilakukan secara transparan dan akuntabel, serta sesuai prioritas dan urgensi kebutuhan.

Selanjutnya: Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun ini digelar di IKN dan Jakarta....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis