Tia Rahmania, Anggota DPR Terpilih Batal Dilantik dan Dipecat PDIP

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 26 Sep 2024 14:36 WIB

Tia Rahmania batal dilantik sebagai personil DPR RI periode 2024-2029 dan digantikan oleh Bonnie Triyana usai dipecat oleh DPP PDIP. Tia Rahmania dipecat PDIP. (Tangkapan layar instagram @tiarahmania_bantenofficial)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tia Rahmania batal dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 dan digantikan oleh Bonnie Triyana usai dipecat oleh DPP PDIP.

Batalnya Tia dilantik sebagai personil DPR RI berasas surat Keputusan KPU Nomor 1368 tahun 2024 nan ditandatangani oleh Ketua KPU RI Mochamad Afifudin pada 23 September 2024.

Dalam surat tersebut, Bonnie menggantikan Tia lantaran meraih bunyi terbanyak kedua setelah Tia di Dapil Banten I Lebak-Pandeglang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bonnie Triyana. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Menggantikan calon terpilih atas nama Tia Rahmania, M.Psi., Psikolog. (peringkat bunyi sah ke I, nomor urut 2). Tia Rahmania, M.Psi., Psikolog. tidak lagi memenuhi syarat menjadi personil DPR lantaran nan berkepentingan diberhentikan dari personil Partai," bunyi keterangan dalam lampiran surat keputusan KPU tersebut.

Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai Komaruddin Watubun mengatakan Tia dipecat lantaran terbukti menggelembungkan bunyi di Pileg 2024.

"Itulah kenapa disampaikan, saya nan baca putusan itu. Mereka semua diundang secara virtual untuk dibacakan putusan mahkamah partai," kata Komar lewat sambungan telepon, Kamis (26/9).

Berikut profil Tia berasas rangkuman CNNIndonesia.com nan dilansir dari beragam sumber:

Tia adalah wanita kelahiran Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada 30 Maret 1979. Ia sekarang berumur 45 tahun. Tia mengenyam pendidikan dasar, menengah dan atas di Palangkaraya. Ia adalah lulusan SDN Langkai 12, SMPN 2, dan SMAN 2 Palangkaraya.

Ia kemudian melanjutkan studi pendidikan pengetahuan ilmu jiwa di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2021. Tia lampau melanjutkan studi magister dengan konsentrasi nan sama ialah bagian Psikologi Perkembangan dan Psikologi Industri di Universitas Indonesia pada tahun 2004.

Sebelum melenggang ke bumi politik Tia terlebih dulu berkecimpung menjadi akademisi. Ia sempat menjadi Dekan Fakultas Falsafah dan Peradaban di Universitas Paramadina pada 2017-2022.

Ia juga pernah Sekretaris Program Studi Psikologi pada 2013-2016, Kepala Program Studi Psikologi pada 2016-2017, dan Dosen Program Studi Psikologi hingga saat ini. Ia kemudian mencoba peruntungan di bumi politik dengan menjadi caleg DPR RI pada 2019 lalu. Namun, dia kandas melenggang ke Senayan.

Kini Tia tetap menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Banten Bidang Ekonomi Kreatif 2020-2024 dan sebagai Pengurus Koni Banten 2022-2025.

(mnf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional