Tim Gratifikasi KPK Kumpulkan Bahan soal Jet Pribadi Bobby Nasution

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 08:35 WIB

Direktorat Gratifikasi KPK tetap mengumpulkan bahan-bahan mengenai dugaan jet pribadi nan dipakai Wali Kota MEdan Bobby Nasution dan istrinya. Wali Kota Medan, Bobby Nasution menjadi sorotan setelah potonya berbareng sang istri Kahiyang Ayu naik private jet viral di media sosial. (Dok. Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku bakal mengumpulkan bahan menindaklanjuti foto viral Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menggunakan akomodasi jet pribadi berbareng istrinya Kahiyang Ayu.

"Yang jelas mengenai subjek kerabat B ini tetap dikumpulkan bahan-bahannya dari Direktorat Gratifikasi," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (4/9) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada kesempatan itu, Tessa belum bisa memastikan apakah Bobby bakal diundang untuk menjalani penjelasan secara langsung di Kantor KPK alias tidak. Namun, dia mengatakan proses penjelasan bisa dilakukan dengan banyak langkah terhadap pejabat nan juga menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu.

"Bisa diundang, datang ke sini alias seandainya posisinya di luar kita bisa melalui zoom lantaran sekarang era digital ya lebih mudah dan tidak menyantap biaya nan tidak terlalu banyak," kata Tessa.

Juru bicara berlatar belakang pensiunan Polri ini menjelaskan proses di Direktorat Gratifikasi merupakan bagian dari pencegahan tindak pidana korupsi (tipikor), bukan penindakan.

"Jadi, bagi kerabat B ya kami mengapresiasi andaikan sudah ada penjelasan dan mungkin kelak Direktorat Gratifikasi bakal ada nan menghubungi lah untuk menindaklanjuti," kata Tessa.

Sebelumnya, Bobby menjadi sorotan setelah foto berbareng sang istri Kahiyang Ayu naik jet pribadi viral di media sosial. Dalam foto nan beredar, letak pesawat jet pribadi berada di eks Bandara Polonia Medan, nan sekarang berganti menjadi Lanud Soewondo.

Mantu Presiden RI Jokowi itu membenarkan pernah naik jet pribadi. Namun, Bobby tidak menjelaskan secara gamblang apakah jet nan dinaikinya sesuai dengan foto nan beredar.

"Semua kita (pernah) naik pesawat," ujar Bobby, Selasa (3/9) malam.

Namun begitu, Bobby mempersilakan masyarakat untuk mengecek asal-usul duit nan digunakan mengenai jet pribadi nan pernah dinaikinya.

"Coba lihat tanggalnya berapa? Punya siapa pesawatnya? Pakai biaya siapa? Kalaupun itu kita punya sendiri, walaupun itu sewa, duit dari mana? Silahkan dicek," tegas suami dari anak kedua Jokowi tersebut.

(ryn/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional