Tito Lantik Anak Buah Airlangga Jadi Pj Gubernur Gorontalo

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin menjadi penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (17/5).

Tak hanya Rudy, Tito juga melantik empat penjabat Gubernur lainnya seperti Samsudin sebagai Pj Gubernur Maluku Utara, Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten, Bahtiar sebagai Pj Gubenur Sulawesi Barat dan Zudan Arif sebagai Pj Gubenur Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tito lampau memimpin empat penjabat Gubernur itu untuk mengucap sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah, bakal memenuhi tanggungjawab saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berkhidmat kepada masyarakat negara dan bangsa," kata lima penjabat gubernur mengikuti pernyataan Tito nan diikuti lima Pj Gubernur.

Usai pelantikan, Tito menjelaskan sampai saat ini terdapat 266 penjabat kepala wilayah dari tingkat Gubernur sampai wali kota/bupati. Sementara itu, 270 wilayah lainnya tetap dipimpin oleh kepala wilayah definitif hasil Pilkada 2020 lalu.

"Mereka bakal menjabat terus sampai akhir masa kedudukan ketika terpilih kepala wilayah hasil pilkada 27 November nanti," kata Tito.

Tito lantas berambisi Pilkada serentak nan digelar November 2024 kelak berjalan sigap dan tanpa kendala. Sehingga daerah-daerah mempunyai pejabat kepala wilayah definitif.

Ia mengatakan pengangkatan penjabat kepala wilayah selama ini sudah melalui proses seleksi. Mulai menyerap aspirasi dari DPRD, gubenur. Kemudian dilakukan sidang pra tim penilai akhir (TPA) nan dipimpin sekjen Kemendagri dan melibatkan KPK,PPATK, BPK, hingga Kejaksaan Agung.

"Biasanya setelah itu juga ada BIN untuk profile jiwa kebangsaan dan juga ada Kemenpan RB, terutama masalah persyaratan status kepegawaian, eselon I dari Setneg dan Seskab sebagai salah satu wasitnya. dari situ mengerucut tiga nama. Tiga nama itu nan kemudian diajukan kepada presiden dan presiden bakal memberikan keputusan," kata dia.

Khusus untuk Rudy, Tito berpesan untuk meningkatkan perekonomian di area Gorontalo lantaran sudah mempunyai pengalaman.

"Saya juga baru dapat cerita tadi bahwa rupanya bapak juga orang tuanya mantan wakil gubernur DKI. Sekarang bapak naik kelas menjadi gubernurnya gitu meskipun di Gorontalo," kata Tito.

Hadir pula Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam prosesi pelantikan lima penjabat Gubernur hari ini.

(rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional