TNI AL Gelar Latihan Bersama 56 Negara di Bali, Korut dan Korsel Diajak

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Laut (AL) bakal menggelar latihan berskala internasional 5th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2025 di Bali pada Februari 2025.

MNEK adalah latihan nonperang alias Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan mengedepankan kerja sama maritim, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan.

Paban 3 Lat Sopsal Kolonel Laut (P) Lukman Kharis mengatakan ada 56 negara nan diundang dalam latihan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dua negara nan saat ini tetap bersitegang, ialah Korea Utara dan Korea Selatan turut diundang.

"Kami berambisi juga latihan ini bisa menggabungkan negara-negara nan punya interest, alias hal-hal nan sekiranya kami bisa menyampaikan bahwa latihan ini bisa dilaksanakan dan punya nilai tinggi untuk angkatan laut di kawasan," kata Lukman saat Initial Planning Conference (IPC) MNEK di Jakarta, Rabu (29/5).

Negara lain nan diundang adalah Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Bangladesh, Belanda, Brazil, Brunei Darussalam, Chili, China, Columbia, Fiji, Filipina, India, Inggris, Irak, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kanada, dan Kenya.

Lalu Kazakstan, Laos, Lebanon, Mesir, Malaysia, Mexico, Myanmar, Selandia Baru, Nigeria, Kaledonia Baru, Oman, Pakistan, PNG, Prancis, Peru, Polandia, Portugal, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Srilanka, Swedia, Thailand, Timor Leste, Tonga, UEA, Vanuatu, Vietnam dan Kuwait.

Lukman mengatakan keikutsertaan negara-negara asing dalam MNEK berkarakter resiprokal alias timbal balik.

"Kita bakal mengirimkan juga aset kita untuk mengikuti aktivitas latihan multilateral di negara-negara lain dan itu bakal dilakukan perihal yang sama," katanya.

Selama penyelenggaraan MNEK, bakal ditampilkan beberapa serial latihan seperti Latihan Tahap Pangkalan (Harbour Phase) nan terdiri dari Lesson from Expert (LFE), Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan Tactical Floor Game (TFG).

Kemudian Latihan Tahap Laut (Sea Phase) nan terdiri dari Seamanship, Photo Exercise, Trackex, Intelligence Surveillance and Reconnaissance (ISR), Marsec / Maritime Interdiction Operation (MIO), SAR & Medevac serta Miscex.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional