TNI Ambil Alih Bandara Agandugume yang Sempat Dikuasai OPM

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 08 Jul 2024 10:19 WIB

Prajurit Yonif 751/VJS sukses menguasai Bandara Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, nan selama ini dikuasai golongan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Prajurit Yonif 751/VJS sukses menguasai Bandara Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, nan selama ini dikuasai golongan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Arsip Istimewa

Jakarta, CNN Indonesia --

Prajurit Yonif 751/VJS TNI sukses mengamankan dan menguasai Bandara Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, nan selama ini dikuasai oleh golongan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan mengatakan dengan adanya prajurit, diharapkan proses pembangunan penyimpanan logistik di wilayah itu bakal melangkah lancar.

"Masyarakat langsung ramai-ramai melepas dan membersihkan lintasan airport dari patok-patok dan bongkahan batu nan selama ini dipasang oleh OPM," kata Candra saat dikonfirmasi, Senin (8/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pembangunan penyimpanan logistik di wilayah itu merupakan langkah untuk mengatasi kelaparan nan terjadi setiap tahun.

Candra menjelaskan selain penyimpanan logistik, TNI dan Pemerintah juga bakal mengembangkan komoditi-komoditi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan adanya misi kemanusiaan ini diharapkan tidak ada lagi kelaparan nan melanda Agandugume akibat cuaca ekstrem nan merusak tanaman pertanian," ujarnya.

Pemerintah bakal membangun dua penyimpanan logistik di Distrik Sinak dan Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah untuk mengatasi kelaparan nan terjadi di wilayah itu.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Sorni Paskah Daeli sebelumnya mengatakan pembangunan penyimpanan di Distrik Sinak sudah nyaris selesai.

Sementara di Distrik Agandugume, abdi negara keamanan tetap melakukan pembersihan area.

"Sedangkan di Agandugume tetap clearing, petugas keamanan tetap membersihkan wilayah itu lantaran wilayah Agandugume adalah persilangan KKB itu," kata Sorni di Kantor Kemenko PMK, Senin (24/6).

(yoa/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional